Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Sebelum Memotong Buah Apakah Buahnya Perlu Dicuci Lebih Dulu?

Budioso.blogspot.com - Buah-buahan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia karena di dalam buah-buahan terkandung berbagai zat vitamin yang sangat berguna bagi tubuh manusia untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan juga untuk penyembuhan dari berbagai penyakit tertentu.

Namun dalam proses penyajiannya masih banyak ditemui cara membelah / memotong / mengiris buah yang tidak tepat.

Pada artikel kali ini tidak membahas mengenai tehnik / cara memegang pisau / alat potong buah, atau cara memotong buah-buahan untuk pesta, atau cara memotong melon, semangka, pepaya (dan buah lainnya) yang rapi tetapi yang akan dibahas adalah dari segi kebersihan yang seringkali diabaikan yang akan berdampak pada kesehatan.

Tentu di antara kita terbagi menjadi dua kelompok, ada kelompok yang dalam memotong buah tidak perlu mencuci buah tersebut terlebih dahulu dan langsung memotongnya lalu ada juga kelompok yang selalu mencuci buah sebelum buah dipotong.

Sebaiknya kulit (bagian luar buah) dicuci dahulu sebelum dipotong

Mengapa dalam penyajian buah potong sebaiknya buahnya dicuci dahulu sebelum dipotong / dibelah / diiris? Di Budioso.blogspot.com ini akah dijelaskan secara singkat mengapa sebaiknya buah dicuci dahulu sebelum dipotong.

Apa perlu buah dicuci dahulu sebelum dipotong demi kesehatan agar tidak jatuh sakit - Budioso.blogspot.com
Apa perlu buah dicuci dahulu sebelum dipotong demi kesehatan agar tidak jatuh sakit - Budioso.blogspot.com


Kita semuanya pasti sering melihat bahwa buah-buahan di pasar (atau tempat lainnya) sering diletakkan di sembarang tempat oleh penjual mulai dari meja, lantai, tanah, kardus, box, dan di atas atau permukaan lainnya.

Belum lagi buah tersebut sering dijamah oleh tangan-tangan pembeli saat pembeli memilih buah-buahan tersebut.

Jika kita telusuri dari awalpun buah-buahan tersebut juga sudah terpapar tanah saat di kebun dan juga dalam proses pengirimannya terkena debu dan lain sebagainya.

Dari gambaran tersebut di atas dapat diketahui bahwa permukaan kulit buah menjadi kotor / tidak bersih karena terdapat banyak kuman atau bakteri.

Jika kita langsung mengiris buah tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu maka kotoran / kuman / bakteri yang ada pada permukaan kulit buah akan menempel pada mata pisau (atau alat pengiris buah) dan akan masuk ke dalam buah bersama pisau saat membelah buah dan dapat mencemari bagian dalam (daging) buah.

Akibatnya adalah, kuman, bakteri, dan kotoran yang tidak terlihat akan ikut masuk ke dalam perut saat kita mengkonsumsi buah yang dapat menyebabkan sakit perut dan penyakit lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya memang buah-buahan dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong. Tentunya pisau atau alat potongnya harus bersih juga ya.

Oh ya saya buatkan juga video shortnya di YouTube tentang hal ini yang bisa dilihat di bawah ini. Di subscribe ya :).



Demikian bahasan singkat mengenai tips cara memotong membelah mengiris buah yang bersih dan higienis apakah buah harus atau tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong / dibelah  / diiris. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya

Posting Komentar untuk "Sebelum Memotong Buah Apakah Buahnya Perlu Dicuci Lebih Dulu?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi