Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Ternyata Kecap Manis Itu Tinggi Garam Pemicu Darah Tinggi hingga Gangguan Ginjal

Budioso.blogspot.com - Kecap manis adalah salah satu bumbu masakan yang populer dan sering digunakan untuk memperkaya rasa dalam berbagai menu masakan.

Beberapa menu masakan yang menggunakan kecap di antaranya adalah semur, sate, nasi goreng, rawon, ayam bakar, dan lainnya.

Selain sebagai bumbu kecap manis juga biasanya digunakan sebagai pelengkap makan. Misalnya kecap digunakan untuk cocolan atau biasanya juga dituang langsung pada makanan yang siap disantap misal pada bakso, mie ayam, dan makanan lainnya.

Padahal kecap manis itu rasanya manis, benarkah kecap manis tinggi kadar garamnya? Pada artikel ini di Budioso.blogspot.com akan dijelaskan secara singkat mengenai kecap manis bagaimana dampaknya pada kesehatan.

Kecap manis mengandung garam yang tinggi dapat sebabkan hipertensi darah tinggi hingga gangguan ginjal - Budioso.blogspot.com
Kecap manis mengandung garam yang tinggi dapat sebabkan hipertensi darah tinggi hingga gangguan kesehatan ginjal - Budioso.blogspot.com

Kecap mengandung garam yang tinggi

Ternyata kecap manis mengandung garam dalam jumlah yang terbilang tinggi. Kecap adalah produk fermentasi kedelai yang diberi tambahan garam dan bahan-bahan lainnya untuk memberikan rasa kecap yang khas.

Meskipun jumlah garam dalam kecap bervariasi tergantung pada merek dan jenisnya, beberapa studi menunjukkan bahwa kecap dapat mengandung jumlah garam yang signifikan.

Hubungan antara kecap tinggi garam dan darah tinggi atau hipertensi

Kecap yang mengandung garam atau natrium yang tinggi jika dikonsumsi berlebihan akan dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit.

Garam dalam jumlah banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan retensi air dalam tubuh yang dapat meningkatkan volume darah dan memperberat kerja jantung.

Kondisi ini jika berlanjut dapat menyebabkan hipertensi yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Pengaruh garam yang tinggi pada kecap pada fungsi ginjal

Ginjal adalah organ vital yang bertanggung jawab untuk menyaring limbah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan beban yang berlebihan pada ginjal sehingga mempengaruhi kemampuannya untuk membuang natrium atau garam yang berlebih di tubuh secara efisien.

Hal ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan berpotensi merusak fungsi ginjal.

Penyandang hipertensi dan kesehatan ginjal

Seseorang dengan darah tinggi atau masalah ginjal harus lebih berhati-hati terhadap konsumsi garam yang berlebihan.

Tingginya kadar garam dalam kecap manis dapat memperburuk kondisi darah tinggi dan dapat berdampak negatif pada kesehatan ginjal dan dapat menimbulkan kerusakan ginjal.

Alternatif pengganti kecap manis

Sobat Budioso.blogspot.com, untuk mengurangi konsumsi garam yang berlebihan terdapat beberapa alternatif sehat sebagai pengganti kecap manis tinggi garam.

Salah satunya adalah memilih kecap manis rendah garam atau bebas garam. Beberapa merek memproduksi kecap manis versi rendah garam yang memiliki rasa yang serupa namun dengan kandungan garam yang lebih rendah.

Pentingnya mengontrol konsumsi garam

Tidak ada yang salah dengan makanan yang menggunakan kecap manis yang mengandung garam atau natrium yang tinggi. Hal yang terpenting adalah kesadaran diri akan konsumsi garam yaitu jangan mengonsumsi garam berlebihan atau terlalu banyak.

Garam tentunya tidak hanya ditemukan dalam kecap manis tetapi juga ada dalam banyak makanan dan bahan makanan lainnya.

Mengurangi konsumsi garam secara keseluruhan dan menggantinya dengan rempah-rempah dan bumbu alami juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

Namun perlu dicatat bahwa tubuh tetap memerlukan garam namun dalam batas yang diperbolehkan oleh dokter atau pakar kesehatan baik bagi orang yang tidak mengalami gangguan kesehatan, bagi yang mengalami hipertensi, atau bagi yang mengalami gangguan kesehatan ginjal.

Sobat Budioso.blogspot.com, mungkin mulai sekarang perlu dicek apa yang kita makan. Misalkan makanan sudah asin malah ditambahkan lagi ke makanan kecap manis ke makanan tersebut. Hal seperti ini yang menyebabkan tubuh menerima banyak sekali garam yang akan berdampak buruk pada kesehatan.

2 komentar untuk "Ternyata Kecap Manis Itu Tinggi Garam Pemicu Darah Tinggi hingga Gangguan Ginjal"

  1. Beneer, dan itu kenapa aku ga terlalu sering masak pakai kecap mas. Sesekali aja. Kalo bikin telur dadar pun, aku ga biasain anak2 utk makan dengan kecap.

    Krn tau kandungan garamnya tinggi.

    Untungnya ada Bbrp brand yg udh sediain varian less salt, dan biasanya aku pakai itu. Trus kalo udh masak dengan kecap pun, anak2 ttp harus banyak minum. Aku sendiri klo minum selalu banyak per hari. Supaya kerja ginjal ga berat2 amatlah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keputusan bagus tuh pake kecap rendah garam, tapi klo kebanyakan minum emang gpp ya untuk ginjal?

      Hapus

Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.

Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi