Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

4 Kendala, Hambatan, Tantangan, atau Rintangan Menjadi Seorang Blogger

Budioso.blogspot.com - Menulis di blog atau ngeblog menjadi salah satu aktivitas konten kreator di era digital. Alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menulis di blog sangat bervariasi.

Menulis artikel di blog umumnya terkait dengan dorongan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan pribadi dengan orang lain.

Menulis di blog selain untuk mengekspresikan diri juga dapat menjadi sarana untuk mengasah keterampilan menulis, meningkatkan kredibilitas, atau bahkan membuka peluang karier di bidang menulis seperti mendapatkan endorse artikel.

Kendala menjadi seorang blogger

Menulis di blog atau menjadi seorang blogger ternyata tidak selalu mulus dan ada saja halangan, masalah, atau rintangannya.

Rintangan hambatan masalah tantangan dan kendala yang dihadapi oleh seseorang ketika menjadi seorang blogger - Budioso.blogspot.com
Tantangan dan kendala yang dihadapi oleh seorang blogger - Budioso.blogspot.com


Di bawah ini Budioso.blogspot.com akan uraikan apa saja kendala menjadi seorang blogger.

1. Waktu

Salah satu kendala yang dihadapi oleh para blogger adalah waktu. Proses menulis sendiri melalui beberapa tahapan seperti menulis, meyiapkan foto atau gambar penunjang artikel, sampai dengan mempublikasannya.

Selain itu ada hal lain juga yang perlu dilakukan misalkan blognya menyediakan kolom komentar maka perlu waktu untuk membalas komentar yang masuk untuk berinteraksi dengan pembaca.

Bagi seorang blogger yang memiliki pekerjaan penuh waktu dan memiliki tanggung jawab terhadap keluarga atau kewajiban lainnya tentu agak lebih sulit menemukan waktu luang untuk menulis dan mengurus blog.

2. Konsistensi

Masalah konsisten memposting artikel adalah masalah berikutnya jika menjadi seorang blogger padahal salah satu penentu peringkat blog di mesin pencari adalah konsistensi dalam mengunggah dan memposting artikel di blog.

Mesin pencari seperti Google cenderung memberikan peringkat lebih tinggi bagi situs web yang memperbarui konten secara berkala atau teratur.

Dengan rutin mengunggah konten artikel baru secara berkala dapat memberikan isyarat kepada mesin pencari bahwa blog aktif dan artikelnya dapat berguna bagi pembacanya.

3. Perubahan perilaku pembaca

Perubahan perilaku orang dari membaca untuk mendapatkan informasi menjadi menonton video untuk mendapatkan informasi merupakan tren yang signifikan dalam perkembangan digital.

Video telah menjadi format yang lebih menarik dan mudah dikonsumsi oleh banyak orang. Informasi dalam video disampaikan dengan cara yang lebih visual, menarik, dan dapat merangsang lebih banyak indera.

Video juga memiliki kekuatan untuk menggabungkan elemen audio, visual, dan narasi yang dapat meningkatkan pemahaman dan daya tarik informasi.

Dengan aksesibilitas yang semakin baik terhadap teknologi dan platform streaming serta popularitas konten video di media sosial, orang cenderung mencari video sebagai sumber informasi yang lebih interaktif, ringkas, dan mudah dicerna dibandingkan artikel.

4. AdBlock (pemblokir iklan)

Pemblokir iklan atau yang juga dikenal sebagai adblock merupakan kendala yang signifikan bagi blogger yang mengandalkan iklan sebagai sumber penghasilan misalkan melalui program iklan seperti Google AdSense atau jalur iklan lainnya.

Adblock bekerja dengan cara mencegah iklan tampil pada browser pembaca artikel sehingga iklan tersebut tidak dapat dilihat atau diklik oleh pengunjung blog.

Dampaknya blogger kehilangan potensi pendapatan atau penghasilan dari iklan yang diblokir oleh adblock.

Meskipun ada beberapa upaya dari blogger untuk mengantisipasi pemblokir iklan seperti menampilkan pesan pengingat di blog yang meminta pengunjung menonaktifkan adblock, tetapi tidak semua pembaca atau pengunjung blog akan rela mematikan adblock mereka.

Dengan berbagai masalah atau problem yang dihadapi oleh seorang blogger di atas, apakah tetap memutuskan untuk melanjutkan kegiatan menulis artikel di blog?

2 komentar untuk "4 Kendala, Hambatan, Tantangan, atau Rintangan Menjadi Seorang Blogger"

  1. Mungkin Krn dari awal bikin blog aku memang suka menulis, dan supaya ga lupa ttg semua pengalaman travelingku, jadi ga terlalu mikirin ttg pembaca yg mungkin makin sedikit Krn beralih ke YT mas. Soalnya aku percaya masih ada yg lebih suka mencari info dari blog drpd YT, apalagi yg kuota ga banyak. Aku sendiri prefer cari info dari tulisan drpd video, Krn bisa dicari langsung part ttg pertanyaan yg kita mau. Kalo video agak bingung, harus nonton dulu sampe abis.

    Beda mindset sih yaaa, apalagi aku ga monetisasi blog, purely untuk hobi aja.

    Cuma paling berasa soal waktu. Kdg mau posting, tapi terhalang kerjaan, jadi ga bisa rutin mau posting tulisan baru, padahal draft banyak banget yg belum selesai 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju fanny_dcatqueen, repot ya kalau cari jawaban pertanyaan di video karena harus nyimak banget videonya.

      Wah sayang tuh, coba aja iseng-iseng ajuin monetize Adsense, siapa tau di approve.

      Soal waktu emang jadi kendala tersendiri :D

      Hapus

Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.

Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi