Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Hindari Ucapan Ini untuk Mendukung Usaha yang Dijalankan Teman

Budioso.blogspot.com - Berbagai jenis pekerjaan bermacam-macam dari mulai menjadi karyawan sampai dengan menjadi seorang pengusaha baik usaha kecil, besar atau UMKM.

Jika ada teman yang menjalankan usahanya sebaiknya kita perlu memberikan support.

Support atau dukungan yang kita berikan bisa bermacam-macam namun yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah support di mana posisi kita adalah sebagai pembeli produk atau jasanya.

Dalam menjalankan usahanya teman kita tentu memiliki berbagai komponen harga dalam proses produksinya dari bahan baku, biaya transportasi, mungkin juga perlu membayar gaji asisten atau karyawan atau sewa tempat (jika ada), biaya listrik dan biaya-biaya lainnya. Wah banyak ya?

Jika kita membeli produk atau jasa dari teman kita maka sebaiknya hindari kalimat seperti
  • "Aku beli dapet diskon ya, kan temen?"
  • "Aku tambahin dong gratis,,  apa kek,, atau yang ini gratis untuk aku ya?"
  • "Gratis ongkos kirim ya,, sama sohib ini"
  • "Bayarnya nanti ya? dua kali cicil deh ok?"
  • "Aku buatin satu dong, gratis ya"
  • "Tester dong satu, kan kita temen lama"
Cara mendukung memberi support pada teman yang berjualan memiliki usaha
Cara mendukung memberi support pada teman yang berjualan atau memiliki usaha

Mungkin teman kita bisa saja memberikannya pada kita dari apa yang kita inginkan. Tetapi pastinya teman kita akan mengalami pendapatan yang sangat minim atau bahkan bisa jadi minus.

Tidak ada yang salah dalam tawar menawar, tetapi ada beberapa poin yang perlu kita pertimbangkan
  1. Teman kita sedang berjuang mencari nafkah dengan cara berdagang untuk menafkahi dirinya dan juga untuk keluarganya misal membeli susu atau popok untuk anaknya atau bahkan mengharapkan barangnya terjual hanya sekedar untuk membeli beras untuk makan.
  2. Mungkin teman kita tanpa kita ketahui sedang dalam kondisi berhutang dan ingin melunasi hutangnya dengan cara mengumpulkan uang lewat cara bisnis / berdagang.
  3. Teman kita mengharapkan ada yang membeli barangnya untuk kelangsungan usahanya seperti membayar gaji pegawai, membuat produksi baru dan lainnya.
  4. Memang ada ungkapan pembeli adalah raja namun jadilah raja yang baik dan bermartabat bukan raja yang menindas teman sendiri.
  5. Jika pembeli adalah teman, maka jadilah teman yang menyenangkan.

Lalu apa solusinya? apa yang sebaiknya kita lakukan dalam mendukung usaha teman?

Sebaiknya belilah produk / dagangan / jasa teman kita dengan harga normal dan tanpa diskon. Dengan demikian maka kita secara tidak langsung akan memberi semangat pada teman kita dan menjaga perasaannya.

Teman kita tentu akan berpikir "wah senang dagangan saya laku dan saya ada untung". Coba misalkan kita yang ada di posisi penjual dan dagangan kita dibeli dengan harga diskon, pasti kita akan mengalami sedikit keuntungan dan belum dapat mampu menutup kebutuhan untuk ini dan itu.

Pastikan dana kita cukup sebelum membeli barang / produk / jasa yang dijualnya agar tak ada lagi kalimat meminta diskon baik yang diucapkan sengaja atau tidak sengaja dari kita.

Maka mulai sekarang dan biasakanlah ucapkan : "Total berapa?, jangan ada diskon ya?"
Dukung usaha teman jangan minta diskon atau gratisan
Dukung usaha teman jangan minta diskon atau gratisan

Justru teman sendiri yang harus mendukung usahanya bukan? Walaupun hanya sekedar dengan tidak menawar dan meminta diskon apapun, tentu itu dapat menyenangkan hati teman kita.

Demikian artikel mengenai mengapa kita sebaiknya tidak boleh meminta diskon, potongan harga, gratis ongkos kirim dan free sampel atau sampel gratis pada teman yang memiliki usaha atau teman yang berjualan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya

Posting Komentar untuk "Hindari Ucapan Ini untuk Mendukung Usaha yang Dijalankan Teman"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi