Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Alasan Kenapa Pilih Ngeblog Menggunakan Blogspot Dibandingkan Domain TLD

Budioso.blogspot.com - Banyak berbagai penyedia layanan blog gratis, salah satunya adalah blogger.com atau blogspot.com.

Blog dibawah naungan Google ini sangat populer di dunia blogging. Mungkin Anda sebagai pengunjung blog saya ini bertanya-tanya, kenapa saya masih ngeblog memakai domain gratisan blogspot dibandingkan menggunakan domain TLD (Top Level Domain) berbayar seperti misal dotcom (.com),  dotnet (.net), dotxyx (.xyz), dan domain lainnya.

Alasan mengapa kenapa tetap memilih pilih ngeblog dengan menggunakan domain gratis blogspot.com blogger.com
Alasan mengapa tetap pilih ngeblog menggunakan domain gratis blogspot.com

Saat ini saya memiliki beberapa domain berbayar TLD. Tetapi, saya juga tetap ngeblog mengunakan domain gratis blogspot.com di blog budioso.blogspot.com ini (dan juga di blogspot lain). Apa alasannya?

Pendapat orang berbeda-beda, tetapi bagi saya sendiri, saya ngeblog di blogspot adalah untuk jangka panjang di mana saya tidak perlu khawatir tentang usia domain blogspot. Loh kenapa?

Kalau saya membeli domain .com , .net , .xyz , .id ,  .web.id , .my.id , atau domain lainnya, domain tersebut memiliki waktu pakai hanya satu tahun di mana saya perlu memperpanjangnya tiap tahun (jika dikehendaki, masa perpanjangan juga bisa dilakukan sekaligus langsung dalam beberapa tahun, misal langsung saya perpanjang selama dua tahun, tiga tahun, dst).

Lalu bagaimana dengan domain gratis blogspot? Di blogspot.com atau blogger.com ini, usia domain blogspotnya tidak perlu diperpanjang akan aktif selamanya.

Selamanya yang dimaksud di sini adalah, Blogspot akan tetap ada selama Google masih ada dan selama Google masih mengurus blogger.com (blogspot.com) sebagai bagian dari usahanya.

Sepertinya blogspot bisa tetap ada dan terus menjadi bagian usaha dari Google sebab dengan banyaknya pengguna Blogspot maka Blogspot merupakan salah satu saluran distribusi iklan Google Adsense.

Kenapa saya tidak membuat blog budioso.blogspot.com ini menjadi blog custom domain dengan domain TLD?

Memang ada terlintas pemikiran seperti itu, namun dengan pertimbangan usia domain TLD tadi dan pertimbangan blog tidak dapat diakses ketika domain TLD tidak diperpanjang maka saya memutuskan untuk tetap menggunakan domain gratis blogspot ini dan tidak di custom domain.

Pertimbangan lainnya adalah, jika saya membeli domain untuk costom domain blog ini lalu saya bangun brand domain TLD yang saya beli itu dan brand blog saya sudah dikenal kemudian domain TLD yang saya beli itu tidak saya perpanjang nantinya, maka domain TLD tersebut akan dapat dibeli oleh orang lain karena ketika domain TLD tidak diperpanjang maka domain TLD sudah kembali menjadi milik umum dan siapa saja boleh membeli domain tersebut.

Singkatnya: saya sudah membangun brand blog dengan domain berbayar, suatu saat domain tidak saya perpanjang, akhirnya domain dibeli orang lain.

Oh ya ada satu hal lagi, ngeblog dengan domain blogspot tanpa di custom domain, aman dari gangguan tidak dapat diakses seperti misal saat server penyedia domain tiba-tiba down atau sedang ada kendala.

Kira-kira itu ya pendapat saya kenapa kok saya tetap ngeblog dengan blog gratisan blogspot dibandingkan dengan ngeblog dengan domain TLD berbayar.

Intinya, ngeblog dengan domain blogspot tujuannya supaya blog tetap bisa diakses dan tidak expired.

Jadi ngeblog baiknya pakai domain gratis atau domain berbayar? Kembali sepenuhnya kepada Anda

Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Pilih Ngeblog Menggunakan Blogspot Dibandingkan Domain TLD "


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi