Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Apa Saja Kesalahan Umum dalam Memasak dan Memproduksi Makanan?

Budioso.blogspot.com - Dalam keseharian, tentu setiap harinya kita memproduksi makanan baik untuk keperluan kita sendiri atau untuk keperluan komersil (dijual).

Khusus dalam memproduksi makanan untuk dijual atau untuk orang lain (customer), semestinya proses produksi makanannya harus lebih diperhatikan mulai dari langkah-langkah produksi sampai dengan kebersihannya karena jika tidak, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat komplain dari customer yang akan berdampak pada nama baik produk/merek makanan Anda.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat / memproduksi makanan yang sering diabaikan?

Berikut ini beberapa kesalahan umum dalam memasak atau memproduksi makanan baik untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual

Tips atau larangan dalam memasak. Hal yang sering diabaikan dalam proses membuat  / memproduksi makanan (kesalahan umum dalam memasak)

1. Tidak menggunakan penutup kepala (rambut)

Anda tentu pernah bukan membeli makanan lalu Anda mendapatkan adanya rambut dalam makanan tersebut?

Itulah fungsi penutup kepala yaitu meminimalkan jatuhnya atau rontoknya rambut ke dalam makanan yang sedang diproduksi atau ke dalam makanan yang akan disajikan.

Selain mencegah jatuhnya rambut ke dalam makanan, penutup kepala juga berfungsi untuk mencegah jatuhnya kotoran yang ada di kepala misalnya seperti ketombe.

Untuk menutup rambut Anda dapat menggunakan topi atau yang lainnya

2. Menggunakan kertas koran untuk menyerap minyak

Biasanya setelah menggoreng, hasil gorengan tersebut ditiriskan dengan cara meletakkannya diatas kertas koran. Apakah ini salah atau dibolehkan?

Tentu meniriskan minyak dengan menggunakan kertas koran tidak diperbolehkan. Apa Alasannya?

Pertama, kertas koran tersebut tidak steril/bersih karena bekas terkena debu dan juga bekas terkena jamahan tangan si penjual atau si pembaca koran.

Selain itu, tinta atau pewarna non pangan (pewarna yang bukan termasuk pewarna yang aman untuk dimakan) dapat mencemari makanan yang dapat dikategorikan sebagai pencemaran kimia.

Untuk menyerap minyak Anda dapat menggunakan kertas khusus penyerap minyak yang banyak dijual di toko makanan/kue bahkan juga tersedia di toko online.

3. Asal menebak-nebak atau hanya berdasar perkiraan

Banyak tentu di antara kita yang jika saat memasak tidak menggunakan alat takar untuk jumlah bumbu dan yang lainnya.

Mengapa jika memasak atau membuat makanan lain seperti misalnya kue, roti dan sebagainya memerlukan alat ukur / timbangan?

Hal ini diperlukan untuk menjaga rasa sehingga kualitas rasa makanan nantinya tetap terjaga.

Jika memasak atau membuat kue tidak dengan takaran yang pas hanya dengan mengira-ngira maka makanan yang dihasilkan nantinya antara satu makanan dengan makanan yang lain akan berbeda-beda rasanya.

Jika rasa makanan berubah-ubah maka akan sulit menjaga loyalitas pelanggan.

4. Tidak menggunakan sarung tangan atau alat dalam menjamah makanan

Ketika makanan telah matang, biasanya langkah berikutnya adalah menyajikan makanan tersebut atau memasukkan makanan tersebut ke dalam kemasan.

Namun terkadang masih banyak ditemui dalam proses ini tidak menggunakan sarung tangan atau alat untuk menjamah makanan alias makanan langsung dipegang dengan tangan.

Hal yang demikian tentunya dapat mencemari makanan dan makanan menjadi tidak steril.

5. Hasil makanan diletakkan di lantai

Setelah proses pengemasan, biasanya langkah berikutnya adalah mendokumentasikan hasil masakan tersebut untuk sekedar dokumentasi pribadi atau untuk promosi di sosial media.

Jangan meletakkan makanan tersebut (walau sudah dikemas dalam kemasan) di lantai. Hal tersebut sangatlah tidak tepat. Mengapa?

Dengan meletakkan makanan di lantai tentu kuman atau bakteri yang ada di lantai akan menempel di dasar kemasan yang tentu membuat kemasan tersebut terpapar oleh bakteri atau kuman.

Demikian artikel singkat yang membahas tips atau larangan dalam memasak, yaitu hal yang sering diabaikan dalam proses membuat  / memproduksi makanan. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apa Saja Kesalahan Umum dalam Memasak dan Memproduksi Makanan?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi