Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Kenapa Warna Hasil Print atau Cetak Beda dengan Warna di Layar Komputer?

Budioso.blogspot.com - Anda tentu sering beraktifitas menggunakan komputer dan printer dalam keseharian khususnya dalam penggunaan warna-warna untuk mendesain.

Bagi yang masih awam atau pemula tentu pernah atau mengalami hal di mana warna hasil cetak atau hasil print berbeda jauh dengan warna yang ada di layar komputer / laptop / pc. Mengapa demikian?

Apakah ada yang salah?

Dari segi warna atau adakah hal lain yang menyebabkan perbedaan warna antara warna yang ada di komputer / pc / laptop dengan hasil real cetak / print?

Kok bisa tidak sama persis warnanya?

Kenapa warna hasil print cetak berbeda dengan warna yang ada di layar komputer laptop pc - Budioso.blogspot.com
Kenapa warna hasil print cetak berbeda dengan warna yang ada di layar komputer laptop pc - Budioso.blogspot.com

Penyebab hasil cetak beda warna

Secara umum, yang mempengaruhi warna hasil cetak ada beberapa faktor di antaranya adalah

1. Perbedaan penggunaan warna

Pada dasarnya semua layar elektronik apakah itu tv (televisi), handphone, tablet, laptop, komputer, pc dan sebagainya, menggunakan tiga warna dasar yaitu R (Red), G (Green), dan B (Blue).

Sedangkan, warna yang digunakan pada printer terdiri dari empat warna yaitu warna C (Cyan), M (Magenta), Y (Yellow), dan K (Black).

Perbedaan dasar inilah yang menyebabkan hasil cetak tidak sama dengan apa yang dilihat di layar komputer.

Agar warna hasil cetak sama atau sesuai nantinya, rubahlah mode atau warna yang Anda gunakan saat mendesain dari mode warna RGB ke warna CMYK sehingga hasil cetak nantinya sama atau mendekati.

Secara sederhana perbedaan warna RGB dan CMYK dapat digambarkan seperti contoh warna dibawah ini

Mengapa kenapa warna hasil print cetak berbeda dengan warna yang ada di layar komputer pc laptop


2. Tinta yang habis atau tidak mengalir sempurna ke area cetak printer

Ketika warna pada komputer sudah menggunakan pilihan mode warna CMYK lalu masih juga warna hasil print/cetak belum sama, kemungkinan berikutnya adalah habisnya salah satu warna tinta apakah itu C (Cyan), M (Magenta), Y (yellow), atau K (Black), atau adanya gangguan di mana tinta tidak mengalir secara sempurna dalam proses pewarnaan cetak/print.

Demikian uraian singkat mengenai mengapa warna real hasil cetak atau print warnanya tidak sama dengan warna yang ada komputer / pc / laptop / tablet. Semoga bermanfaat ya

Posting Komentar untuk "Kenapa Warna Hasil Print atau Cetak Beda dengan Warna di Layar Komputer?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi