Pengakuan Pelaku Usaha Merasakan Sendiri Manfaat Website untuk UMKM
Budioso.blogspot.com - Sebelumnya saya pernah berbagi pengalaman mengenai manfaat memiliki situs web yang saya
tulis di artikel yang berjudul
Mau Dikomplain Customer Eh Ternyata Salah Orang. Ini Dia Manfaat Memiliki
Website Untuk Usaha.
Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman dari seorang pelaku
usaha tentang manfaat memiliki website bagi pelaku usaha kecil mikro kecil menengah UMKM yang ia rasakan sendiri.
Dari kisah ini kita dapat belajar darinya bagaimana ia dapat memajukan usahanya.
Dari kisah ini kita dapat belajar darinya bagaimana ia dapat memajukan usahanya.
Keuntungan dan manfaat memiliki website untuk usaha kecil mikro menengah UMKM |
Manfaat website untuk usaha UMKM
Usahanya dijalankan dari rumahnya di kawasan komplek perumahan di daerah Depok.
Produk yang dihasilkannya adalah produk kue kering yaitu pie. Dalam menjalankan usahanya saat ini ia dibantu oleh beberapa orang karyawan di bagian produksi dan marketing.
Produk yang dihasilkannya adalah produk kue kering yaitu pie. Dalam menjalankan usahanya saat ini ia dibantu oleh beberapa orang karyawan di bagian produksi dan marketing.
Apa tipsnya dalam memajukan usaha? Hal pertama yang dapat saya tangkap di sini adalah, ia mau menjadi pendengar yang baik saat diberikan saran. Ada beberapa pertanyaan yang ia tanyakan pada saya seperti:
"Apa yang harus saya perbuat?"
"Perlukah beriklan?"
"Apakah ada yang kurang?"
"Bagaimana desain yang bagus?".
Saya menyarannya untuk membuat website, membuat email khusus bisnis dengan
memakai nama domain usahanya misalkan alamat emailnya customercare@namamerek.com dan tidak menggunakan email yang
digunakan oleh banyak orang yaitu gmail atau yahoo.
Lalu saya juga menyarankan membuat semua akun sosial media untuk menyebarkan info produknya dan mendekatkan diri pada konsumen.
Lalu saya juga menyarankan membuat semua akun sosial media untuk menyebarkan info produknya dan mendekatkan diri pada konsumen.
Tebak apa yang ia lakukan?
Berbeda dengan kebanyakan pelaku UMKM lain yang biasanya enggan membuat sebuah website dan hanya merasa cukup dengan sosial media saja, ia tidak berpandangan demikian. Ia mau mendengar saran yang diberikan dan menjalankannya.
Berbeda dengan kebanyakan pelaku UMKM lain yang biasanya enggan membuat sebuah website dan hanya merasa cukup dengan sosial media saja, ia tidak berpandangan demikian. Ia mau mendengar saran yang diberikan dan menjalankannya.
Beberapa waktu lamanya kemudian saya bertemu lagi dengannya. Saya bertanya kepadanya apakah
website yang sudah dibuat berpengaruh pada usahanya?
Ia menjawab tentu saja berpengaruh. Saat ini order penjualannya banyak diterima melalui online yang masuk melalui pesan chat di WhatsApp dan melalui sosial media.
Ia menjawab tentu saja berpengaruh. Saat ini order penjualannya banyak diterima melalui online yang masuk melalui pesan chat di WhatsApp dan melalui sosial media.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa website
dotcom yang ia buat walau sederhana tanpa keranjang belanja (shopping cart) ternyata berdampak karena mampu menarik
minat investor dalam mengembangkan usahanya.
Menurutnya, di mata investor bisnis atau usahanya terlihat serius karena ia membangun atau memiliki sebuah website.
Menurutnya, di mata investor bisnis atau usahanya terlihat serius karena ia membangun atau memiliki sebuah website.
Pada kesempatan itupun ia menanyakan beberapa hal pada saya seperti:
"Adakah masukan?"
"Bagaimana perkembangan usaha saya sampai saat ini?"
Well ... gini ya, sebagai catatan, saya bukanlah siapa-siapa. Serius. Saya salut padanya. Kenapa? Karena walau ia orang yang sangat berada serta mapan tapi ia tidak memandang pada siapa harus bertanya dan meminta masukan tapi untuk maju ia mau bertanya dan belajar bahkan pada orang biasa seperti saya sekalipun dan menurut saya ia luar biasa karena mau menerima masukan dan menjalankannya.
Hal lainnya adalah, tidak semua orang yang mampu atau berada yang menjalankan bisnis mau mengeluarkan budget baik untuk beriklan atau membuat desain yang bagus dari desainer profesional.
Dia menurut saya berbeda. Ia mau mengeluarkan budget untuk branding merek usahanya baik dari membuat website, membuat desain kemasan, desain katalog dan yang lainnya.
Hal lainnya adalah, tidak semua orang yang mampu atau berada yang menjalankan bisnis mau mengeluarkan budget baik untuk beriklan atau membuat desain yang bagus dari desainer profesional.
Dia menurut saya berbeda. Ia mau mengeluarkan budget untuk branding merek usahanya baik dari membuat website, membuat desain kemasan, desain katalog dan yang lainnya.
Oke, kita kembali ke bahasan
Hal kedua yang saya lihat darinya mengapa usahanya maju adalah ia berprinsip bahwa usaha yang dijalankannya bukanlah berdagang tetapi berbisnis yaitu ia tidak mau hanya cukup sampai pada transaksi menjual produk pada customer dan selesai tetapi lebih dari itu yaitu bagaimana caranya agar customer terus teringat dengan merek atau image produknya.
Baginya, branding itu penting.
Baginya, branding itu penting.
Posting Komentar untuk "Pengakuan Pelaku Usaha Merasakan Sendiri Manfaat Website untuk UMKM"
Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.
Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih