Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

5 Alasan Mengapa Tetap Harus Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona Covid-19

Budioso.blogspot.com - Saat ini saat artikel ini ditulis, di sekitar kita pasti dapat kita jumpai orang yang memakai masker dalam kesehariannya saat wabah pandemi Corona dan ada juga yang tidak memakai masker. 

Tentu alasan kenapa memakai masker atau tidak memakai masker bermacam-macam tergantung keyakinan atau apa yang diyakini oleh masing-masing orang.

Alasan kenapa sebaiknya tetap memakai masker saat wabah Corona
Alasan kenapa sebaiknya tetap memakai masker saat wabah Corona

Dari obrolan atau dari apa yang saya tonton, ada beberapa poin yang mungkin menjadi penyebab mengapa orang enggan memakai masker. Poin tersebut di antaranya adalah
  • "Ah itu konspirasi bisa juga politik"
  • "Jangan-jangan virus Corona itu bohong?"
  • "Orang sakitnya apa di bilangnya Corona"
  • "Ah gue gak percaya Corona"
  • "Orang meninggal karena penyakit apa tapi divonis kena Covid"
  • "Ini tingkat tinggi, ada yang sebar virus dan dialah yang buat vaksin, dia mau jualan vaksin"
Saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai hal tersebut karena bagi saya pribadi saya tidak mau menduga-duga dan nanti bisa-bisa mengarah ke menuduh tanpa bukti yang ujung-ujungnya timbul fitnah.

Pastinya, terlepas dari poin-poin di atas, virus itu ada dan nyata. Itulah mengapa daripada memikirkan poin di atas sebaiknya dan seharusnya kita tetap terus memakai masker.

Alasan tetap memakai masker

Kenapa sih sebaiknya dan seharusnya tetap menggunakan masker saat pandemi Corona ini? Ini dia beberapa alasannya

1. Tidak sok tahu

Saya tidak pernah belajar, apalagi kuliah jauh mendalami dunia kesehatan misal kuliah jurusan kedokteran, kuliah di jurusan yang mempelajari mahluk hidup kecil seperti bakteri dan virus atau jurusan kesehatan semacamnya yang lainnya.

Ketika mereka semua yaitu paramedis, dokter, para ahli baik itu ahli mikrobiologi dll mengatakan virus Corona / Covid 19 itu ada, otomatis saya mempercayai apa yang mereka ucapkan karena mereka bisa membuktikan secara ilmiah dengan ilmu pengetahuannya.

Lalu kenapa ada orang yang tidak belajar apa-apa mengatakan virus Corona / Covid 19 itu tidak ada atau mengatakan keberadaan virus Corona itu bohong?

Alasan mengapa harus tetap memakai masker
Alasan mengapa harus tetap memakai masker

Jadi ketika mereka semua dengan keilmuan yang dimilikinya mengatakan virus itu ada, maka sepantasnyalah kita percaya memang benar virus Corona itu ada dan bukan malah sok tahu mengatakan yang sebaliknya.

2. Peduli dan tidak egois

"Ah saya gak pake masker aja, saya gak percaya adanya virus". Jika saya mengatakan demikian artinya saya itu egois alias hanya memikirkan diri saya sendiri tanpa memikirkan keselamatan orang lain di sekitar saya.

Dengan egoisnya saya tidak memakai masker maka sangat besar (jika saya yang tidak memakai masker mengidap virus Corona tanpa gejala) peluangnya untuk dapat menyebarkan atau menularkan virus pada orang lain atau bahkan kepada para anggota keluarga saya sendiri.

Dengan memakai masker berarti kita peduli dengan keselamatan dan kesehatan diri sendiri (menjaga agar tidak tertular dari orang lain) dan juga peduli dengan orang lain yaitu menjaga agar orang lain di sekitar kita agar tidak terkena virus dari kita jika kita ternyata mengidap virus Corona tanpa gejala.

3. Pemberi contoh

Siapapun diri kita, kita adalah contoh bagi lingkungan kita. Apakah dia seorang ayah, ibu, guru, dosen, atasan, bos, mentor, pejabat, dll.

Contoh, bayangkan jika Anda adalah ibu atau ayah di dalam keluarga. Anda tidak memakai masker, dan itu dilihat oleh anak-anak. Tentunya itu akan dicontoh. "Ah, ibu dan ayah saya aja gak pake masker kok".

Atau dalam contoh lain:
"Temen saya gak pake masker kok"
"Atasan saya gak make masker, kenapa saya harus pake?"
"Guru gue gak make masker, jadi gw juga santai aja"

Orang tua mencontohkan hal yang baik pada anak-anaknya
Orang tua mencontohkan hal yang baik pada anak-anaknya

Dengan kita memberi contoh memakai masker tentu ini masuk dalam kebaikan karena jika penggunaan masker dicontoh maka dapat meminimkan jumlah orang yang terpapar dari virus Corona. Kamu bisa berbuat baik jadi contoh untuk orang lain di sekitar kamu.

4. Bukan takut tapi ikhtiar dan berjaga-jaga

Dengan tetap memakai masker bukan berarti takut atau ketakutan terhadap adanya virus Corona tetapi hal itu dilakukan adalah merupakan sebuah usaha atau ikhtiar menjaga diri dari paparan virus Covid-19. 
  • Hidup mati benar ditangan Tuhan tetapi menjaga keselamatan diri adalah sebuah kewajiban
  • Bukan panik tetapi waspada dan berjaga-jaga agar tidak tertular

5. Mencegah lebih baik dari mengobati

Bayangkan, dengan poin konspirasi/politik dll di atas lalu kita ikut terpengaruh dan melepas masker (tidak menggunakan masker) tentu lebih besar kemungkinannya kita untuk tertular Corona. Lebih baik mencegah tertular Corona dengan tetap menggunakan masker daripada melepas tidak menggunakan masker dan nantinya dapat terkena Corona bukan?

Kesimpulan

Apapun yang dikatakan orang jika tetap menggunakan masker, seperti misal dicemooh "Kebanyakan nonton TV lu", "Kok betah pakai masker?" dll, tetap menggunakan masker adalah cara mudah dan aman terhindar dari Corona.

Selain menggunakan masker, menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan menjaga jarak juga perlu dijalankan.

Kenapa "Alasan memakai masker dikarenakan adanya peraturan" tidak saya masukkan dalam artikel ini?

Karena tanpa peraturan pun jika seseorang memiliki 5 alasan ini maka dengan sendirinya orang tersebut akan memakai masker walau tanpa ada peraturan yang mewajibkannya.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Tetap Harus Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona Covid-19"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi