Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Jika Pilih Kuliah di Jurusan Periklanan Advertising Apa Saja yang Dipelajari?

Budioso.blogspot.com - Ketika lulus dari sekolah tingkat atas negeri atau sekolah tingkat atas swasta lainnya (baik dari jurusan IPA, IPS atau jurusan lainnya) dan memutuskan ingin melanjutkan studi ke bangku kuliah atau tingkat yang lebih tinggi, beberapa pertanyaan akan muncul saat memilih fakultas / program studi / jurusan bukan?

Dan ketika jurusan periklanan /  advertising yang dipilih, Anda pasti akan bertanya-tanya, di mana saya bisa mendapatkan informasi atau gambaran tentang kuliah jurusan periklanan / advertising?

Enak gak sih kuliah di jurusan periklanan?

Apa saja mata kuliah yang dipelajari di jurusan periklanan? Apa keahlian yang didapat jika kita masuk kuliah dan mengambil jurusan periklanan / advertising?

Program studi periklanan (advertising) adalah jurusan kuliah yang mempelajari dan mendalami dunia kreatif.

Di sana para mahasiswa periklanan akan mempelajari mata kuliah seputar dunia periklanan dari sejarah iklan, fungsi iklan, tehnik penulisan naskah iklan dan tentu saja keahlian / skill lainnya yang diperlukan dalam memproduksi sebuah iklan.


Memilih Kuliah Jurusan Program Studi Periklanan (Advertising)

Para mahasiswa nantinya akan dilatih dalam proses mendapatkan ide kreatif untuk membuat sebuah iklan baik iklan cetak sampai dengan iklan elektronik (iklan radio dan iklan televisi / TVC / TV Commercial), apa idenya (what to say) dan bagaimana menyampaikannya (how to say) kepada audience.

Jurusan (prodi) periklanan / advertising masih berada di dalam ruang lingkup ilmu komunikasi yaitu bagaimana menyampaikan / mengkomunikasikan sebuah pesan kepada orang lain yang dikemas dengan menarik dalam bentuk iklan.

Jangan salah jurusan ya, untuk memilih jurusan kuliah masuk ke jurusan periklanan (advertising) diperlukan minat / jiwa seni atau kreatifitas (tetap disesuaikan dengan minat / bakat / kemampuan) karena ketika dihadapkan dengan materi mata kuliah praktek bisa jadi nantinya akan buntu / sulit mendapat ide.

Untuk materi mata kuliah ilmu komunikasi (advertising / periklanan) yang dipelajari beberapa di antaranya adalah:
  • Tehnik kamera (fotografi & film/video)
  • Editing video
  • Desain grafis (editing foto dan menggambar / mendesain vector)
  • 3D
  • Animasi
  • Ilustrasi dan visualisasi iklan
  • Copywriting (penulisan naskah iklan)
  • Desain komunikasi visual
  • dll

Dari mata kuliah di atas, sudah ada bayangan ya bahwa jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan, jurusan kuliah yang paling santai, dan jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya salah satunya ya jurusan periklanan (advertising).

Catatan, mungkin tiap kampus (akademi / universitas) memiliki mata kuliah yang berbeda dan mungkin ada update.

Saat ini mungkin materi mata kuliahnya sudah ada yang membahas khusus mengenai iklan digital (sosial media).

Demikian bahasan / info mengenai memilih jurusan kuliah advertising / periklanan (ilmu komunikasi) dan mata kuliah apa yang dipelajari. Semoga bermanfaat 

Posting Komentar untuk "Jika Pilih Kuliah di Jurusan Periklanan Advertising Apa Saja yang Dipelajari?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi