Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Apa Alasannya Bis Bus Tidak Matikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar Solar di SPBU?

Budioso.blogspot.com - Bus/bis adalah sarana transportasi umum yang biasanya digunakan untuk bus jemputan karyawan, bus instansi, bis pariwisata, bus antar kota dalam provinsi (AKDP), bis antar kota antar provinsi (AKAP) dan lainnya.

Tentu kita semua pernah naik bus bukan? Saat mengisi bahan bakar / BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (pom bensin / SPBU), jika kita perhatikan, bus yang kita naiki tidak mematikan mesin saat mengisi bahan bakar.

Bukankah di setiap SPBU / pom bensin ada himbauan / larangan / peringatan untuk tidak menghidupkan mesin saat mengisi bahan bakar?

Lalu mengapa mesin bus/bis masih hidup dibiarkan menyala alias tidak dimatikan saat pengisian bahan bakar

Alasan mesin bus tetap menyala / hidup saat isi bbm solar di spbu pom bensin

Berikut ini adalah penjelasan mengapa bus/bis tidak mematikan mesin saat mengisi bahan bakar

1. Untuk kenyamanan penumpang

Saat ini banyak bus/bis yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC). Mesin bus/bis tetap hidup saat mengisi bahan bakar di SPBU adalah bertujuan supaya mesin / kompresor AC tetap menyala karena kompresor AC membutuhkan tenaga dari mesin bus untuk menggerakkannya.

Jika mesin bis mati maka AC juga akan mati yang akan menyebabkan penumpang di dalam bus menjadi kepanasan/kegerahan.

2. Bahan bakar yang digunakan tidak mudah terbakar

Bus/bis (dan truk) pada umumnya tidak menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Bus/bis menggunakan bahan bakar solar.

Berbeda dengan bensin yang mudah terbakar, maka solar hanya akan terbakar diudara bertekanan tinggi dalam ruang mesin berkompresi yang bersuhu tinggi.

3. Untuk keamanan berkendara

Sistem rem bis menggunakan air break (rem angin) yaitu udara bertekanan untuk melakukan pengereman.

Mesin bus tetap dinyalakan untuk menggerakkan kompresor untuk menjaga tekanan udara di sistem pengereman tetap ada/stabil.

4. Untuk keawetan mesin

Mesin bus/bis berbahan bakar solar saat ini menggunakan turbo diesel yang sensitif jika sering dimatikan dan dinyalakan kembali dalam waktu yang pendek.

Jika mesin bis/bus dimatikan saat mengisi bahan bakar solar dan setelah selesai mengisi bahan bakar mesin langsung dinyalakan kembali maka mesin akan rawan mengalami kerusakan.

Demikian artikel / bahasan mengenai alasan kenapa bis/bus tidak mematikan mesin (mesin tetap hidup) saat isi bbm solar di SPBU / pom bensin. Semoga bermanfaat


Sumber referensi : Video YouTube ARF BUS INFO berjudul "4 Alasan Bus Tidak Mematikan Mesin Saat Mengisi BBM Solar"

Posting Komentar untuk "Apa Alasannya Bis Bus Tidak Matikan Mesin Saat Isi Bahan Bakar Solar di SPBU?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi