Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat


Tips gelar hajatan di pemukiman dalam etika bertetangga



Hajatan hampir bagi setiap keluarga adalah hal yang penting dilakukan/dilaksanakan apakah itu hajatan khitanan/sunatan atau pernikahan dll. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai waktu pelaksanaan hajatan yang bagaimana yang sebaiknya dipilih jika dilihat dari segi etika bertetangga.


Tentu agama mengajarkan kita untuk jangan sampai menggangu tetangga. Apa yang perlu diperhatikan dalam menggelar hajatan? Jika kita hendak mengadakan hajatan maka yang perlu diperhatikan adalah:

Tips menggelar hajatan tips mengadakan hajatan


  1. Waktu

    Jika hajatan dilaksanakan/digelar dalam lingkungan pemukiman maka sebaiknya hajatan tidak diadakan seharian. Mengapa? karena suara bising musik/hiburan yang disajikan akan mengganggu tetangga.

    Jika ada sanggahan : "musik yang disajikan menghibur kok, tidak apa-apa seharian hajatan digelar, suaranya tidak mengganggu kami, justru kami senang".

    Jika demikian, berarti ada satu hal yang dilupakan yaitu, tidak semua orang pada hari itu dalam keadaan yang sama, contoh mungkin ada orang tua renta yang sakit, mungkin ada tetangga kita yang sakit, mungkin ada anak kecil yang rewel karena sakit, mungkin ada tetangga kita yang sedang butuh untuk beristirahat karena selama beberapa hari bekerja dan sekarang pada hari Sabtu/Minggu pada saat acara hajatan digelar orang tersebut butuh untuk tidur.

    Yang perlu diingat juga adalah tidak semua orang bekerja dengan jam kantor atau libur pada hari Sabtu/Minggu, ada juga orang yang perlu beristirahat karena orang tersebut bekerja dengan sistem shift atau akan bekerja pada malam hari nanti.
  2. Tempat.

    Biasanya jika tempat kurang memadai maka hajatan akan digelar dengan menutup sebagian atau seluruh jalan. 
Lalu apa solusi permasalahan tersebut di atas? Solusinya, sebaiknya acara hajatan hanya diadakan dalam kurun waktu beberapa jam saja misalkan 2 atau 3 jam sehingga suara bising atau penutupan jalan tidak memakan waktu lama.

Semoga menginspirasi










Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)