Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat


Ukuran cetak foto di mug - Ukuran cetak gambar di mug



Cetak foto di mug atau cetak gambar di mug adalah sesuatu hal yang unik karena kita dapat memiliki mug dengan foto atau gambar yang kita sukai. Jenis-jenis cetak mug / cetak gambar atau foto di mug sebenarnya terdiri dari dua jenis yaitu jenis hot pres dan decal.

Proses cetak mug, Cara cetak foto atau gambar di mug

Jenis hot pres (hot pres - istilah saya sendiri :D) adalah jenis cetak mug di mana dalam prosesnya gambar atau foto yang akan dicetak ke media mug di print terlebih dahulu ke atas kertas khusus dengan posisi mirror/terbalik kemudian kertas tersebut digunting mengikuti ukuran gambar yang akan dicetak ke mug. Langkah selanjutnya, kertas yang sudah di print ditempelkan pada mug dengan label dan mug kemudian dijepit dengan alat pemanas khusus sesuai bentuk mug. Setelah itu alat pamanas dinyalakan beberapa menit mengikuti timer. Setelah timer menandakan proses pemanasan mug selesai maka alat pemanas dimatikan dan kemudian mug dikeluarkan dari alat penjepit panas. Diamkan mug sampai dingin lalu lepas kertas dari mug. Hati-hati, pastikan mug sudah dingin atau sudah tidak panas saat melepas kertas dari mug karena sangat panas.

Ukuran cetak foto di mug - Ukuran cetak gambar di mug - Ukuran foto gambar untuk dicetak di mug


Pada jenis hot pres ini kekuatan hasil cetak pada mug tidak bertahan lama jika mug digunakan untuk keperluan sehari-hari karena sebenarnya pada jenis ini mug hanya diperuntukkan sebagai hiasan atau pajangan.

Jika mug jenis ini ingin digunakan untuk keperluan sehari-hari maka sebaiknya dalam proses mencuci hindari menggosok para bagian luar/gambar/foto karena jika terus menerus mug dicuci maka gambar akan retak dan terkelupas. Bagian yang terkelupas tersebut adalah lapisan bening yang sangat tipis pada bagian luar mug untuk media gambar/foto menempel saat proses mencetak/pemanasan.

Jenis mug Decal

Jenis mug yang berikutnya adalah jenis mug decal di mana proses cetak mugnya melalui oven. Pada mug jenis ini kualitas cetak sangat bagus dan tahan lama bahkan akan sulit untuk terkelupas. Sayangnya pada mug jenis ini ada minimal pemesanan dan tidak bisa memesan satuan. Jumlah minimum pemesanannya sendiri di tiap toko berbeda-beda, ada yang menawarkan minimal 500 pcs mug, 1.000 pcs mug dll.


Ukuran cetak foto di mug - Ukuran cetak gambar di mug

Berapa ukuran untuk cetak gambar atau foto di mug? Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti dalam hal ini karena ukuran cetak foto atau gambar di mug bisa dikatakan sesuai dengan selera.

Untuk mug standar sebaiknya ukuran gambar atau fotonya adalah 8x19cm. Ukuran ini disarankan karena jika ukuran gambar atau foto yang akan dicetak pada mug lebih besar dari ukuran ini dikhawatirkan gambar/foto pada ujung luar gambar baik pada bagian atas bawah kanan atau kiri, tidak akan menempel dengan sempurna karena panas yang tidak merata. Hal ini berdasarkan pada pengalaman, misalkan mencetak sepuluh buah mug dengan gambar lebih besar dari 8x19cm, dari 10 mug yang dicetak, ada satu atau tiga mug yang foto atau gambarnya gagal tercetak dengan baik.

Note:
Jika ukuran mug anda berbeda dari yang disebut diatas, maka sebaiknya ukuran gambar yang akan di cetak jangan terlalu dekat dengan ujung atas dan bawah mug. Begitu juga jangan terlalu dekat dengan ujung kanan dan kiri. Hal ini untuk menghindari ketidak sempurnaan gambar yang menempel di body mug.

Jangan lupa gambar harus beresolusi cetak 300dpi

Demikian artikel Ukuran cetak foto di mug - Ukuran cetak gambar di mug, semoga bermanfaat.









Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)