17 Teknik Penulisan Copywriting Naskah Iklan yang Menarik Beserta Contohnya
Budioso.blogspot.com - Di dalam dunia periklanan tidak lepas dari naskah iklan atau copywriting. Iklan tersebut ditujukan untuk kegiatan promosi, sales, penjualan, atau marketing. Namun bagaimanakah penulisan naskah atau copy tepat?
Oh ya, 17 tehnik penulisan copywriting yang saya share di blog Budioso.blogspot.com ini adalah hasil catatan saya saat saya mengikuti seminar tentang periklanan sewaktu kuliah.
Dalam catatan saya, ada tehnik yang memiliki contoh penerapan kalimat, dan ada beberapa yang tidak memiliki contoh kalimat karena saya terlambat mencatat. Mohon dimaafkan :D
“mau nongkrong dompet kosong, Think plonk masih ada bolong” (Iklan permen POLO)
“Sing a song with gitar kopong, Think plonk masih ada bolong” (Iklan permen POLO)
Contoh :
“No Black No Game” (iklan rokok Djarum Black)
“No Black No Soul” (iklan rokok Djarum Black)
“Kerik kuponnya keruk hadiahnya”
Contoh :
“ KITKAT memanjakan”
Contoh :
“Kulit wajah seperti kulit kayu kering”
“Jangan biarkan rambut Anda seperti ijuk”
Contoh :
“ Kelebihan koin kita (Indonesia) adalah : Dapat dimakan”
Contoh :
“1, 2, 3, 4, 5, 6, Gooooooool…… “
“Naik mobil Kijang bisa muat nenek, kakek, ibu, ayah, teteh, kakak, adik…”
“Bicara soal Frank&CO, saya bukan suka, tapi cinta”
Contoh :
“Boladiator” = penggabungan kata bola dan gladiator
Contoh :
”Astaga” = Asyiknya tak terduga
Contoh :
“No Black No Soul” (iklan Djarum Black versi James Brown)
*Black bisa berarti kulit hitam, warna hitam Soul bisa berarti jiwa musik atau jiwa dalam kehidupan
Contoh :
“Iklan ini biasa-biasa saja tapi produknya luar biasa”
Contoh :
"Diskon", "Gratis", "Sikaaat", "Buruan", "Dahsyat", "Gokil", "Yuuk" dll
Contoh :
Mie instan yang baru matang dan di santap sambil berkata “mmm sedap”
Demikian beberapa cara tehnik copywriting dan contohnya yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi dalam iklan atau keperluan promosi Anda. Semoga bermanfaat.
17 contoh copywriting
Bagi Anda yang berminat dan mungkin sedang belajar mengenai periklanan khususnya tehnik penulisan naskah iklan atau copywriting, berikut ini adalah beberapa cara tehnik copywriting beserta contohnya.Oh ya, 17 tehnik penulisan copywriting yang saya share di blog Budioso.blogspot.com ini adalah hasil catatan saya saat saya mengikuti seminar tentang periklanan sewaktu kuliah.
Tehnik penulisan copywriting dan contohnya - Budioso.blogspot.com |
Dalam catatan saya, ada tehnik yang memiliki contoh penerapan kalimat, dan ada beberapa yang tidak memiliki contoh kalimat karena saya terlambat mencatat. Mohon dimaafkan :D
1. Bermain rima atau pantun
Contoh :“mau nongkrong dompet kosong, Think plonk masih ada bolong” (Iklan permen POLO)
“Sing a song with gitar kopong, Think plonk masih ada bolong” (Iklan permen POLO)
2. Repetisi
Repetisi adalah tehnik copywriting dengan mengulang kata bunyi.Contoh :
“No Black No Game” (iklan rokok Djarum Black)
“No Black No Soul” (iklan rokok Djarum Black)
“Kerik kuponnya keruk hadiahnya”
3. Personifikasi
Tehnik ini seolah-olah benda seperti hidup atau dengan dapat diumpamakan memanusiakan brand atau benda.Contoh :
“ KITKAT memanjakan”
4. Metafora
Tehnik ini adalah kebalikan dari nomor 3. Tehnik copywriting ini membendakan manusia.Contoh :
“Kulit wajah seperti kulit kayu kering”
“Jangan biarkan rambut Anda seperti ijuk”
5. Hiperbola
Hiperbola adalah tehnik copywriting dengan melebih-lebihkan sesuatu.Contoh :
“ Kelebihan koin kita (Indonesia) adalah : Dapat dimakan”
6. Klimaks
Tehnik ini mengeksplor kata dengan pola naik.Contoh :
“1, 2, 3, 4, 5, 6, Gooooooool…… “
“Naik mobil Kijang bisa muat nenek, kakek, ibu, ayah, teteh, kakak, adik…”
“Bicara soal Frank&CO, saya bukan suka, tapi cinta”
7. Fusion Word
Tehnik fusion word dalam copywriting adalah 2 kata atau lebih yang di gabung menjadi sebuah kalimat yang menarik.Contoh :
“Boladiator” = penggabungan kata bola dan gladiator
8.Eksplor quote
Tehnik ini menggunakan kata-kata milik orang lain yang dimasukkan ke dalam iklan.9. Plesetan
10. Akronim
Tehnik ini menggabungkan beberapa kata menjadi satu singkatan kata.Contoh :
”Astaga” = Asyiknya tak terduga
11. Naratif
Tehnik ini mengkomunikasikan pesan lewat gaya bercerita.12. Double meaning
Tehnik copywriting ini mengeksplorasi kata atau kalimat yang memiliki konteks makna yang berbeda.Contoh :
“No Black No Soul” (iklan Djarum Black versi James Brown)
*Black bisa berarti kulit hitam, warna hitam Soul bisa berarti jiwa musik atau jiwa dalam kehidupan
13. Kontradiktif
Tehnik di mana terdapat dua hal yang bertentangan dalam satu kalimat atau dalam suatu teks.Contoh :
“Iklan ini biasa-biasa saja tapi produknya luar biasa”
14. Negasi
Tehnik copywriting ini mengeksplorasi kata-kata sangkalan sebagai elemen provokasi dan stoping power.15. Fakta
Tehnik copywriting yang didasarkan pada statistik atau hasil riset.16. Explore the magical word (Ogilvy)
Tehnik penulisan naskah iklan yang menggunakan kata-kata yang menarik perhatian.Contoh :
"Diskon", "Gratis", "Sikaaat", "Buruan", "Dahsyat", "Gokil", "Yuuk" dll
17. Interjection
Tehnik copywriting yang mengeksplor kata yang merupakan ekspresi perasaan langsung.Contoh :
Mie instan yang baru matang dan di santap sambil berkata “mmm sedap”
Demikian beberapa cara tehnik copywriting dan contohnya yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi dalam iklan atau keperluan promosi Anda. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "17 Teknik Penulisan Copywriting Naskah Iklan yang Menarik Beserta Contohnya"
Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.
Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih