Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Teknik Penulisan Copywriting Naskah Iklan yang Menarik Beserta Contohnya

Budioso.blogspot.com - Di dalam dunia periklanan tidak lepas dari naskah iklan atau copywriting. Iklan tersebut ditujukan untuk kegiatan promosi, sales, penjualan, atau marketing. Namun bagaimanakah penulisan naskah atau copy tepat?

17 contoh copywriting

Bagi Anda yang berminat dan mungkin sedang belajar mengenai periklanan khususnya tehnik penulisan naskah iklan atau copywriting, berikut ini adalah beberapa cara tehnik copywriting beserta contohnya.

Oh ya, 17 tehnik penulisan copywriting yang saya share di blog Budioso.blogspot.com ini adalah hasil catatan saya saat saya mengikuti seminar tentang periklanan sewaktu kuliah.

Tehnik penulisan copywriting dan contohnya - Budioso.blogspot.com
Tehnik penulisan copywriting dan contohnya - Budioso.blogspot.com


Dalam catatan saya, ada tehnik yang memiliki contoh penerapan kalimat, dan ada beberapa yang tidak memiliki contoh kalimat karena saya terlambat mencatat. Mohon dimaafkan :D

1. Bermain rima atau pantun

Contoh :
“mau nongkrong dompet kosong, Think plonk masih ada bolong” (Iklan permen POLO)
“Sing a song with gitar kopong, Think plonk masih ada bolong” (Iklan permen POLO)

2. Repetisi

Repetisi adalah tehnik copywriting dengan mengulang kata bunyi.
Contoh :
“No Black No Game” (iklan rokok Djarum Black)
“No Black No Soul” (iklan rokok Djarum Black)
“Kerik kuponnya keruk hadiahnya”

3. Personifikasi

Tehnik ini seolah-olah benda seperti hidup atau dengan dapat diumpamakan memanusiakan brand atau benda.
Contoh :
“ KITKAT memanjakan”

4. Metafora

Tehnik ini adalah kebalikan dari nomor 3. Tehnik copywriting ini membendakan manusia.
Contoh :
“Kulit wajah seperti kulit kayu kering”
“Jangan biarkan rambut Anda seperti ijuk”

5. Hiperbola

Hiperbola adalah tehnik copywriting dengan melebih-lebihkan sesuatu.
Contoh :
“ Kelebihan koin kita (Indonesia) adalah : Dapat dimakan”

6. Klimaks

Tehnik ini mengeksplor kata dengan pola naik.
Contoh :
“1, 2, 3, 4, 5, 6, Gooooooool…… “
“Naik mobil Kijang bisa muat nenek, kakek, ibu, ayah, teteh, kakak, adik…”
“Bicara soal Frank&CO, saya bukan suka, tapi cinta”

7. Fusion Word

Tehnik fusion word dalam copywriting adalah 2 kata atau lebih yang di gabung menjadi sebuah kalimat yang menarik.
Contoh :
“Boladiator” = penggabungan kata bola dan gladiator

8.Eksplor quote

Tehnik ini menggunakan kata-kata milik orang lain yang dimasukkan ke dalam iklan.

9. Plesetan

10. Akronim

Tehnik ini menggabungkan beberapa kata menjadi satu singkatan kata.
Contoh :
”Astaga” = Asyiknya tak terduga

11. Naratif

Tehnik ini mengkomunikasikan pesan lewat gaya bercerita.

12. Double meaning

Tehnik copywriting ini mengeksplorasi kata atau kalimat yang memiliki konteks makna yang berbeda.
Contoh :
“No Black No Soul” (iklan Djarum Black versi James Brown)
*Black bisa berarti kulit hitam, warna hitam Soul bisa berarti jiwa musik atau jiwa dalam kehidupan

13. Kontradiktif

Tehnik di mana terdapat dua hal yang bertentangan dalam satu kalimat atau dalam suatu teks.
Contoh :
“Iklan ini biasa-biasa saja tapi produknya luar biasa”

14. Negasi

Tehnik copywriting ini mengeksplorasi kata-kata sangkalan sebagai elemen provokasi dan stoping power.

15. Fakta

Tehnik copywriting yang didasarkan pada statistik atau hasil riset.

16. Explore the magical word (Ogilvy)

Tehnik penulisan naskah iklan yang menggunakan kata-kata yang menarik perhatian.
Contoh :
"Diskon", "Gratis", "Sikaaat", "Buruan", "Dahsyat", "Gokil", "Yuuk" dll

17. Interjection

Tehnik copywriting yang mengeksplor kata yang merupakan ekspresi perasaan langsung.
Contoh :
Mie instan yang baru matang dan di santap sambil berkata “mmm sedap”

Demikian beberapa cara tehnik copywriting dan contohnya yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi dalam iklan atau keperluan promosi Anda. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "17 Teknik Penulisan Copywriting Naskah Iklan yang Menarik Beserta Contohnya"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal