Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat

Makanan Camilan Cemilan Kue Sambal Cake - Awondis

Langkah-langkah menjadi gitaris dari nol



Ditulis oleh Budi S

Untuk menjadi seorang gitaris tidaklah harus ditempuh melalui pendidikan formal. Bagi anda yang mempunyai hobi bermusik dan ingin menjadi seorang gitaris handal dengan cara otodidak, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda tempuh.

1. Niatkan dengan kuat
Ini adalah langkah awal yang sangat penting. Pengalaman dari beberapa teman membuktikan, jika diniatkan dengan setengah hati, maka anda tidak akan pernah berhasil menjadi seorang gitaris.

2. Cari metode latihan dan berlatih yang cukup
Carilah buku mengenai pelajaran gitar dasar. Biasanya pelajaran dasar bermain gitar berisi mengenai pengenalan bagian-bagian gitar, posisi memegang gitar, cara memegang pick, posisi jari-jari pada fret gitar dan senar, dan pengenalan kunci-kunci atau chord dasar.
Pelajaran dasar yang paling penting dalam bermusik adalah tempo/ritme. Biasakan berlatih minimal satu jam perhari (sebaiknya anda lakukan juga jika anda telah berada pada tingkat yang lebih atas). Anda sebaiknya juga banyak bertanya dan belajar pada teman yang lebih mahir.

3. Kembangkan kemampuan
Dalam bermain gitar, anda jangan selalu memainkan rythm atau hanya memainkan kunci-kunci dasar, tetapi anda juga perlu mempelajari melodi. Caranya, anda dapat menghafalkan nada fret demi fret, melatih kekuatan dan kecepatan jari, pola solmisasi, slide, slur, hammer, tapping, dan sebagainya.

4. Miliki gitar sendiri
Jika diperlukan, sebaiknya anda memiliki gitar sendiri yang sesuai dengan anatomi tangan anda karena tiap manusia memiliki ukuran tangan yang berbeda. Perlu anda ketahui, selain warna, tiap gitar elektrik ataupun gitar akustik memiliki perbedaan, baik dari bentuk body, (besar atau kecilnya, serta ukuran panjang dan lebar neck,) maupun bahan dasarnya.
Jika anda memilki gitar sendiri, anda akan terbiasa dengan gitar tersebut. Ketika anda memainkan nada, khususnya ketika anda memainkan melodi, anda tidak perlu terlalu khawatir jari anda tergelincir diatas fret karena anda memainkan gitar anda yang sama yang anda mainkan di rumah, di studio ataupun di atas panggung.

5. Selalu setel senar gitar ke nada standar
Samakan nada senar gitar anda ke nada standar. Jika anda sudah cukup mahir, anda dapat melakukannya secara manual persenar dengan mendengarkan sebuah lagu atau dengan feeling anda. Jika tidak, anda dapat membeli sebuah gitar tuner. Terdapat dua jenis gitar tuner, yaitu analog dan digital. Anda juga dapat men-download software gitar tuner untuk di install di telepon genggam atau PC anda, tetapi perlu diperhatikan, hanya pada gitar yang berkualitas baik yang senarnya dapat disetel standar. Pada gitar yang berkualitas kurang baik, jika senar disetel standar, maka akan mengakibatkan senar terlalu kencang/putus, atau mengakibatkan sambungan body gitar pada bagian tertentu mengelupas, terangkat atau terlepas.

6. Berlatih membuat lagu dapat melatih rasa dan membuat anda belajar akan banyak hal
Belajarlah membuat lagu, dari kunci sederhana atau standar hingga kunci overtune atau miring yang tidak umum. Dengan belajar membuat lagu, secara otomatis anda akan belajar banyak hal, seperti belajar membuat lirik lagu, belajar memperkirakan karakter vokal yang cocok dengan lagu yang anda ciptakan, belajar harmonisasi nada, belajar memilih kunci/chord, belajar memilih instrument, dan lainnya. Anda juga akan belajar rasa yaitu suasana apa yang akan anda ciptakan di dalam lagu tersebut.

7. Hati-hati dalam membuat melodi
Jika anda sudah dapat membuat sebuah lagu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah membuat melodi untuk lagu tersebut. Anda sebaiknya berhati-hati dalam menciptakan sebuah melodi ( kecuali pada saat Jump Session ). Mengapa? Karena melodi yang anda ciptakan untuk sebuah lagu, harus dapat mewakili keseluruhan dari isi lagu, baik itu tema, lirik maupun suasana lagu.

8. Bergabung dengan atau membentuk sebuah band
Dengan bergabung atau membentuk sebuah band, maka anda akan belajar bagaimana caranya agar anda dapat membawakan lagu orang lain atau band lain semirip mungkin baik dari segi sound maupun secara teknik. Anda juga tentunya dapat membawakan lagu anda sendiri atau lagu ciptaan teman anda. Dalam sebuah band, anda juga akan belajar bagaimana caranya mengisi suara gitar rythm 1 dan suara gitar rythm 2, atau suara gitar rythm dan melodi, agar suara atau sound yang dihasilkan lebih berwarna.

9. Pelajari permainan gitaris lain
Pelajari permainan gitaris lain untuk manambah keahlian atau memberikan inspirasi bagi permainan gitar anda. Anda dapat belajar dari gitaris-gitaris kelas dunia di antaranya
► Anda dapat mempelajari bagaimana menciptakan suasana dalam sebuah lagu dari Joe Satriani;
► Anda dapat mempelajari eksperimen gitar dari Steve Vai;
► Anda dapat mempelajari gaya funky dari Nuno Bettencourt;
► Anda dapat mempelajari musik progressive rock dari John Petrucci.

10. Kenali karakter permainan gitar anda
Jika terdapat lima orang yang diberi pensil dan kertas yang sama dan kelima orang tersebut diminta menuliskan dengan tangan sebuah kalimat yang sama maka hasil tulisan tangan kelima orang tersebut tentunya berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Begitu pula dalam bermain gitar. Antara satu orang dengan orang yang lain tentu berbeda karakter, gaya dan output sound, walaupun memainkan alat musik dan nada yang sama.

11. Buat ciri khas anda
Buat gaya permainan gitar anda berbeda dengan gitaris lain, baik secara teknik maupun sound. Sebagai contoh, jika anda mendengarkan intro sebuah lagu maka anda akan tahu itu adalah lagu Van Halen yang diketahui dari ciri khas distorsi sound efek gitarnya. Di sini tentunya anda sebaiknya memilih gitar, sound amplifier, dan efek secara spesifik.


Terakhir, jika anda ingin mendalami gitar melodi, jangan potong terlalu pendek kuku jari kiri anda, karena hal tersebut akan mengurangi power jari kiri anda ketika memainkan nada2 melodi, tidak percaya? silahkan mencoba

Gratis! Pilih dan Download Lagu Famamesu Band di Sini











Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)