Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Posting di Sosial Media?

Budioso.blogspot.com - Anda yang secara langsung berhubungan dengan dunia penjualan, marketing atau promosi sebuah brand, produk, atau jasa tentu sudah tidak asing lagi dengan sosial media yang kegunaannya saat ini sangat penting sekali sebagai sarana komunikasi dalam rangka untuk menjangkau calon konsumen atau membina hubungan dengan pelanggan.

Sebagian dari kita tentu pernah mendengar atau mengetahui bahwa jika ingin berhasil mempromosikan produk atau jasanya di sosial media maka dalam memposting harus dilakukan pada jam-jam tertentu.

Kapan saat yang tepat untuk memposting konten atau update status promosi di sosial media?

Tentu pertanyaan seperti ini kadang muncul di benak kita bukan?

Waktu atau Jam yang Tepat untuk Posting di Sosmed

Biasanya jam yang dianjurkan untuk memposting materi promosi di sosial media bermacam-macam namun secara garis besar atau umumnya berada di saat para follower, pengikut, atau teman Anda di sosial media Anda memiliki waktu luang untuk melihat dan mengakses sosial medianya.

Kapan waktu untuk posting di sosmed - Budioso.blogspot.com
Kapan waktu untuk posting di sosmed - Budioso.blogspot.com

Catatan, yang akan dibahas di Budioso.blogspot.com pada kesempatan kali ini adalah posting manual (tidak beriklan dengan cara berbayar di sosial media).

Maksudnya, calon konsumen atau pelanggan Anda sudah saling follow atau sudah berteman dengan Anda di sosial media dan jika postingnya dilakukan di hari kerja.

Beberapa pilihan waktu memposting di sosial media di antaranya:

1. Pukul 06.00 - 08.30 (Pagi)

Pada jam ini orang biasanya akan membuka smartphonenya sambil sarapan.

Atau, orang pada waktu-waktu ini posisinya sedang berada dalam perjalanan menuju kantor atau tempat bekerja apakah perjalanannya itu menggunakan moda transportasi kereta api Commuter Line, busway / Transjakarta, taksi online atau kendaraan pribadi di mana orang tersebut cenderung akan membuka handphonenya untuk mengisi waktu luang selama dalam perjalanan.

2. Pukul 12.00 - 13.00 (Siang)

Pada jam-jam ini biasanya orang sedang beristirahat dari rutinitas bekerja atau rutinitas lainnya.

Pada rentang waktu ini orang-orang biasanya sambil beristirahat salat dan makan siang akan menyempatkan membuka handphonenya untuk mengakses sosial media.

3. Pukul 17.00 - 19.00 (Sore ke Malam)

Waktu-waktu ini adalah kebalikan poin nomer 1. Posting pada jam ini tujuannya adalah menyasar orang yang pulang dari kantor atau tempat aktifitasnya menuju ke rumah.

Seperti pada waktu pagi hari, mereka pada sore harinya saat pulang kerja juga akan membuka handphone untuk mengisi waktu luang saat perjalanan pulang ke rumah.

4. Pukul 19.00 - 23.00 (Malam)

Pada jam-jam ini biasanya orang dari kantor atau tempat aktifitas sudah sampai di rumah dan sedang beristirahat.

Pada rentang waktu ini orang memiliki waktu luang misalkan makan malam dan berkumpul dengan anggota keluarga sambil sesekali membuka handphone.

Bahkan saat menjelang tidur pun biasanya orang akan melihat handphonenya sebelum tidur.

Apakah Posting di Jam Tertentu di Atas Efektif Menjangkau Calon Konsumen atau Pelanggan?

Jawabannya bisa ya dan bisa tidak. Loh kok? Mengapa demikian?

1. Tidak Efektif

Apa yang Anda posting mengikuti jam-jam posting bisa saja hasilnya tidak efektif. Hal ini bisa saja terjadi jika calon konsumen atau pelanggan Anda followernya sangat banyak.

Contoh sederhananya seperti ini

Saya posisikan saya adalah calon pelanggan Anda atau saya sudah menjadi pelanggan produk atau jasa Anda dan saya sudah follow Anda di sosial media.

Teman saya di sosial media saya jumlahnya banyak, bisa dikatakan tiga ribuan atau empat ribuan atau bahkan diatas sepuluh ribu.

Karena jumlah pertemanan saya di sosial media sangat banyak maka setiap saya membuka timeline sosial media saya, banyak sekali status terbaru (dan status sebelumnya) dari orang atau teman yang saya follow.

Dalam posisi seperti itu, jika Anda memposting di sosmed mengikuti jam-jam tertentu seperti di atas, maka dapat dikatakan kecil kemungkinannya status yang Anda posting akan terlihat atau muncul di timeline atau beranda saya dan akan tertimpa oleh status teman saya yang lain.

Kecuali jika saya mengaktifkan fitur notifikasi dari profil sosmed Anda maka setiap Anda memposting pasti saya akan mendapatkan notifikasinya dan mengetahui apa saja yang Anda posting.

Kira-kira seperti itu gambarannya mengenai posting dan hubungannya dengan jumlah follower atau pertemanan yang banyak.

2. Efektif


Posting dapat dikatakan efektif jika pertemanan sosial media calon customer atau pelanggan Anda jumlahnya tidak terlalu banyak.

Kebalikan dari contoh di atas, jika jumlah pertemanan saya di sosial media sedikit jumlahnya, maka ketika Anda memposting produk atau jasa Anda maka besar kemungkinannya status / posting yang Anda publish akan muncul di timeline / beranda sosmed saya karena jumlah teman saya sedikit.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, posting bisa tetap Anda lakukan pada jam tertentu atau diluar jam tersebut terlebih jika follower Anda rutinitasnya bukan berdasarkan jam kantor alias free kapan saja bisa membuka atau bermain sosial media.

Untuk menjangkau calon konsumen atau pelanggan Anda, Anda juga dapat memposting konten promosi Anda pada hari libur baik di jam tertentu atau di luar waktu tersebut.

2 komentar untuk "Kapankah Waktu yang Tepat untuk Posting di Sosial Media?"

  1. ic.... Jadi itulah kenapa kadang viewers stories atau likes di feed ga sesuai harapan Krn bisa jadi posting ga sesuai waktu, atau kebanyakan teman2 yg memfollow kita mungkin punya banyak followers, jadi postingan kita tenggelam ya mas 😁.

    Memang makin lama makin challenging banget untuk bisa dapat jangkauan luas dari postingan IG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul fanny_dcatqueen, bisa tenggelam kalau dia follow banyak orang dan tantangan juga gimana supaya postingan bisa viral :D

      Hapus

Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.

Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi