Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

4 Alasan Mengapa Orang Pindah dari Jakarta dan Menetap di Daerah Lain

Budioso.blogspot.com - Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia adalah salah satu kota terpadat di dunia. Dengan segala kemegahan dan gaya hidup metropolitan, ada juga penduduk atau warga Jakarta yang memutuskan untuk pindah dan menetap di daerah lain.

Keputusan keluar atau pindah dari Jakarta seringkali dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Hal ini dapat mencerminkan pandangan masyarakat mengenai kenyamanan hidup di Jakarta.

Alasan, hal, faktor, mengapa orang memutuskan pindah keluar dari Jakarta dan tinggal menetap di tempat daerah, kota, atau wilayah lain - Budioso.blogspot.com
Alasan, hal, faktor, mengapa orang memutuskan pindah keluar dari Jakarta dan tinggal menetap di tempat daerah, kota, atau wilayah lain - Budioso.blogspot.com

Faktor yang membuat orang pindah dari Jakarta

Apa saja hal yang membuat orang memutuskan untuk pindah dari Jakarta dan menetap di wilayah, kota, atau daerah lain?

Di artikel di Budioso.blogspot.com akan diulas beberapa poin alasan orang pindah dari Jakarta.

1. Kemacetan

Masalah utama yang dihadapi oleh penduduk Jakarta adalah kemacetan lalu lintas.

Lalu lintas yang padat dan lambat bukan hanya menghambat mobilitas dan ruang gerak tetapi juga sangat memakan waktu atau membuang waktu yang berharga.

Orang yang terjebak di macetnya lalu lintas tepaksa menghabiskan jam berharga dalam perjalanan baik dari rumah ke tempat kerja, ke sekolah, atau ke tampat lainnya, dan sebaliknya.

Kebetulan teman saya saat masa pendidikan dulu pernah mengatakan bahwa ia tidak ingin nantinya tinggal di Jakarta. Dan benar saja saat artikel ini saya tulis ia sudah beberapa tahun tinggal di luar pulau Jawa.

2. Polusi Udara

Polusi udara adalah masalah serius yang terkait dengan perkembangan pesat Jakarta sebagai pusat bisnis dan ekonomi.

Emisi gas buang dari kendaraan bermotor, pabrik di sekitar Jakarta, dan pembangunan konstruksi telah merusak kualitas udara di Jakarta.

Polusi udara yang tinggi di Jakarta dapat berdampak negatif pada kesehatan penduduknya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit pernapasan, alergi, dan masalah kesehatan lainnya.

Orang yang peduli bahaya polusi udara bagi kesehatan dalam jangka panjang dapat memutuskan untuk pindah dari Jakarta ke daerah yang lebih bersih dan layak kualitas udaranya.

3. Penurunan tanah pertahun

Salah satu masalah serius di Jakarta adalah penurunan tanah. Jakarta sedang mengalami penurunan tanah yang signifikan pertahunnya karena eksploitasi air tanah yang berlebihan.

Akibatnya banyak daerah di Jakarta menjadi turun ketinggiannya dan semakin rendah letaknya dari permukaan laut yang tentunya meningkatkan risiko banjir.

Turunnya tanah akan sangat berdampak dalam jangka panjang oleh karena itu sebagian orang di Jakarta memilih pindah ke daerah yang lebih aman dari bahaya penurunan tanah.

4. Banjir

Sobat Budioso.blogspot.com, banjir adalah masalah kota Jakarta yang terjadi setiap tahun saat musim hujan. Sistem drainase yang kurang baik karena tersumbat oleh sampah hingga penurunan tanah membuat Jakarta selalu berhadapan dengan banjir.

Banjir dapat merusak rumah, harta benda, dan bahkan bisa mengancam keselamatan penduduk. Akibatnya warga yang telah mengalami dampak buruk banjir memutuskan untuk pindah dari Jakarta mencari tempat tinggal yang lebih aman.

Kesimpulan

Warga Jakarta yang memutuskan untuk pindah ke daerah lain bisa disebabkan oleh berbagai alasan seperti kemacetan, polusi udara, penurunan ketinggian tanah, dan banjir.

Pemerintah daerah perlu bekerja keras untuk mengatasi masalah-masalah ini agar Jakarta dapat tetap menjadi kota yang menarik untuk ditinggali.

Jika sobat Budioso.blogspot.com memiliki poin atau alasan lain mengapa ada warga Jakarta yang pindah menetap ke tempat lain atau memiliki saran bagaimana pemerintah daerah Jakarta menangani berbagai masalah tersebut, silahkan dapat menuliskannya di kolom komentar di bawah ini.

2 komentar untuk "4 Alasan Mengapa Orang Pindah dari Jakarta dan Menetap di Daerah Lain"

  1. Dulu ga pernah kepikir aku bakal pindah dan tinggal di Jakarta. Rasanya ga bakal kuat Ama macetnya 🤣🤣🤣.

    Tapi gimana, jodohnya ternyata dapat di sini, dan rezeki juga dari sini 😄😅. Mau ga mau hrs tinggal di sini. Ga terasa udh belasan THN aku di JKT, sejak 2007.

    Kalo ditanya, udh biasa Ama macetnya ga? Jawabnya udaah hahahaha. Mungkin memang lama2 jadi biasa sih mas. Setidaknya udh tahu, kalo macet, berarti hrs bawa buku atau di hp ada download film, biar ga bosen 😄.

    Dan rasanya aku LBH seneng di JKT ini aja utk Skr. Apalagi aku kan suka traveling ke LN yaa. Sementara penerbangan di Indonesia ini paling banyak ya di JKT rutenya . Ga kebayang kalo tinggal di Papua. Aku hrs ke JKT dulu utk bisa ke eropa misalnya 😅.

    Tapi kalo ntr pensiun ntahlah yaa. Cita2 sih masih pengen traveling 🤭

    BalasHapus
  2. Ada juga orang yang kalau menjelang pensiun mulai cari-cari lokasi kediaman di luar Jakarta, mungkin fanny_dcatqueen ada rencana juga nanti 😆 ?

    BalasHapus

Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.

Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi