Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

4 Efek Samping bagi Kesehatan Tubuh jika Mengonsumsi Biji Ketumbar, Apa Saja?

Budioso.blogspot.com - Biji ketumbar rempah yang selain digunakan sebagai bumbu pada masakan juga digunakan sebagai obat atau suplemen herbal untuk kesehatan.

Meskipun biji ketumbar memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tidak dapat diabaikan bahwa biji ketumbar juga dapat menimbulkan efek samping yang perlu diperhatikan.

Tiap individu memang memiliki tingkat kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh yang berbeda-beda termasuk respon tubuh terhadap makanan atau minuman yang dikonsumsinya termasuk mengonsumsi tanaman herbal seperti biji ketumbar.

Apa saja dampak efek samping jika mengonsumsi tanaman herbal biji ketumbar bagi kesehatan tubuh - Budioso.blogspot.com
Apa saja dampak efek samping jika mengonsumsi tanaman herbal biji ketumbar bagi kesehatan tubuh - Budioso.blogspot.com


Dalam artikel di Budioso.blogspot.com ini, akan disebutkan berbagai efek samping yang mungkin timbul jika mengkonsumsi biji ketumbar.

Efek mengonsumsi biji ketumbar bagi kesehatan tubuh

Apa dampak yang bisa timbul dari biji ketumbar bagi seseorang yang meiliki respon negatif terhadap biji ketumbar jika mengonsumsi biji ketumbar?

1. Reaksi alergi

Salah satu efek samping yang paling umum dari mengkonsumsi biji ketumbar adalah reaksi alergi. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, pembengkakan, hingga sulit bernapas.

2. Gangguan pencernaan

Biji ketumbar memiliki kandungan minyak atsiri yang tinggi terutama asam oleat dan linoleat.

Meskipun minyak ini memiliki manfaat kesehatan tertentu beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan setelah mengkonsumsi biji ketumbar.

Efek samping yang mungkin muncul seperti gangguan pada perut, kembung, diare, dan mulas.

3. Efek hormonal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar memiliki efek estrogenik ketika dikonsumsi dalam jumlah yang signifikan biji ketumbar dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh.

Efek samping yang mungkin dapat timbul seperti gangguan menstruasi pada wanita dan perubahan hormon pada pria.

4. Interaksi obat

Seperti halnya dengan banyak bahan herbal alami lainnya biji ketumbar juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu.

Beberapa senyawa dalam biji ketumbar dapat mempengaruhi enzim dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pemecahan obat yang dapat menyebabkan peningkatan atau penurunan efek obat yang dikonsumsi.

Kesimpulan

Biji ketumbar juga dapat memiliki efek samping pada kesehatan. Reaksi alergi, gangguan pencernaan, efek hormonal, dan interaksi obat adalah beberapa efek samping yang perlu diperhatikan.

Untuk terhindar dari efek samping biji ketumbar, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan pakar kesehatan sebelum mengonsumsi biji ketumbar secara teratur.

2 komentar untuk "4 Efek Samping bagi Kesehatan Tubuh jika Mengonsumsi Biji Ketumbar, Apa Saja?"

  1. Baru tau loh. Aku pikir yg namanya rempah termasuk aman buat dikonsumsi. Ternyata ada juga yg bisa bikin alergi yaa

    Aku jarang sih mas, masak yg membutuh kan ketumbar. Sesekali doang.itupun dlm jumlah kecil. Makanya ga terlalu merasakan efek sampingnya juga 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener fanny_dcatqueen, mungkin dalam jumlah kecil gak kerasa, dan kondisi kesehatan atau reaksi tubuh tiap orang berbeda-beda

      Hapus

Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.

Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi