Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Mengapa Harga Jasa Desain Mahal Apa Penyebab dan Alasannya?

Budioso.blogspot.com - Mungkin kita bertanya-tanya apa alasannya kenapa harga jasa desain grafis (apakah itu harga jasa desain banner, kemasan, kartu nama, bahkan harga jasa desain logo dll) mahal dan tidak murah?

Mungkin ada yang beranggapan

"Ah harga jasa desain grafis gitu aja kok mahal, kan harusnya harga jasa desainnya murah?"

atau

"Harga jasa desain di sana murah? kok di sini harga jasa desain (logo/ilustrasi/kartu ucapan/kartu undangan/maskot/karekter dll) nya mahal?"

atau

"Ah hanya desain gitu aja kok harganya mahal?"

Ada beberapa hal yang membuat harga sebuah desain mahal/tidak murah.

Beberapa di antaranya mungkin tidak terpikirkan oleh kita sebagai orang awam yang tidak memahami desain yaitu

penyebab alasan mengapa harga jasa desain grafis mahal tidak murah

Harga desain tidak murah tetapi mahal karena keahlian desain didapat dari proses belajar/bangku kuliah.
Seorang desainer mendapatkan keahliannya melalui proses belajar desain baik belajar desain secara otodidak atau belajar desain melalui bangku kuliah.

Bukankah orang berkeahlian memang layak mendapat harga lebih dari orang yang tidak berkeahlian? 

Misalkan jika pekerja kasar perhari dibayar sekian rupiah, bukankah wajar jika seorang desainer yang berkeahlian dibayar lebih dari upah pekerja kasar harian?

Harga desain tidak murah tetapi mahal karena alat/software desain mahal
Untuk membuat sebuah desain, para desainer memerlukan sebuah software desain.

Harga software desain tersebut tidaklah murah.

Harga desain mahal tidak murah tetapi mahal karena Ide
Secara sederhana misalkan, ada seorang yang tengah buntu tidak mempunyai ide untuk gambar/konsep logo produknya, kemudian dia datang kepada seorang desainer meminta sebuah gambar/ide/konsep logo, lalu sang desainer kemudian membuat sebuah gambar/logo.

Orang tersebut malah mengatakan, "ah kalo gambar/ide gitu aja saya juga bisa".

Permasalahannya bukan pada gambar, tetapi ide di mana ide tersebut tidak terpikirkan oleh orang tersebut sebelumnya bukan?

Selain itu, pencarian ide oleh seorang desainer memakan waktu lebih lama bahkan sampai di luar jam kerja pada umumnya.

Sebagai contoh misalkan, jika seorang pegawai kantor hanya dapat mengerjakan pekerjaanya di kantor maka seorang desainer grafis proses pencarian inspirasi ide desainnya dapat dilakukan kapanpun apakah saat sedang berada di jalan, di kamar mandi, saat makan dll.

Harga jasa desain grafis tidak murah tetapi mahal karena desain adalah karya seni
Para desainer grafis akan membuat karya yang bagus dan berbeda dari lainnya yaitu tidak menjiplak apalagi untuk urusan membuat logo misalkan, di mana gambar logo yang dihasilkan tidak boleh sama dengan logo yang sudah ada sebelumnya untuk menghindari tuntutan.

Para desainer juga memperhatikan betul jenis huruf yang digunakan tidak boleh sembarangan (harus berlisensi free for commercial use atau membeli huruf tersebut jika untuk keperluan komersial diharuskan oleh pembuat hurufnya untuk membeli huruf tersebut).

Jika sembarangan menggunakan huruf maka pembeli desain dapat terkena tuntutan kerena menggunakan huruf yang tidak sesuai lisensinya misal huruf lisensi personal digunakan pada logo untuk keperluan komersial. 

Selain itu harga jasa desain grafis tidak murah tetapi mahal karena pengalaman dan jam terbang desainernya yang juga dapat dilihat dari hasil-hasil karyanya.

Demikianlah sedikit kurang lebihnya alasan/mengapa harga jasa desain grafis mahal/tidak murah.

Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Posting Komentar untuk "Mengapa Harga Jasa Desain Mahal Apa Penyebab dan Alasannya?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi