Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

13 Tips Belajar Gitar Bagi Pemula dari Nol Agar Jadi Gitaris Hebat dan Handal

Budioso.blogspot.com - Gitar adalah alat musik yang memiliki banyak peminat. Bagaimana tidak? Dari berbagai kalangan baik usia muda sampai usia tua banyak yang memainkannya. Gitar pun dapat dibawa ke dalam berbagai acara misalkan saat ronda, saat reuni, saat ulang tahun, saat kumpul keluarga, dan berbagai macam acara lainnya.

Tapi bagaimana cara menjadi gitaris handal belajar gitar dari nol dari seorang newbie atau pemula agar bisa menjadi gitaris hebat?

Tips belajar mendalami bermain gitar

Untuk menjadi seorang gitaris tidaklah harus ditempuh melalui pendidikan formal. Bagi pemula atau newbie, belajar gitar juga bisa dilakukan secara mandiri atau otodidak.

Tips cara belajar gitar untuk pemula mulai dari nol - Budioso.blogspot.com
Tips cara belajar gitar untuk pemula mulai dari nol - Budioso.blogspot.com


Bagi Anda yang mempunyai hobi bermusik dan ingin menjadi seorang gitaris handal dengan cara otodidak, Budioso.blogspot.com akan menjabarkan beberapa tips atau langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk menjadi seorang pemain gitar berikut ini:

1. Niatkan dengan kuat

Ini adalah langkah awal yang sangat penting. Pengalaman dari beberapa teman membuktikan, jika diniatkan dengan setengah hati, maka Anda tidak akan pernah berhasil menjadi seorang gitaris hebat atau handal.

2. Cari metode latihan dan berlatih yang cukup

Carilah buku atau video tutorial mengenai pelajaran gitar dasar. Biasanya pelajaran dasar bermain gitar berisi mengenai pengenalan bagian-bagian gitar, posisi memegang gitar, cara memegang pick, posisi jari-jari pada fret gitar dan senar, dan pengenalan kunci-kunci atau chord dasar.

Pelajaran dasar yang paling penting dalam bermusik adalah tempo/ritme. Biasakan berlatih minimal satu jam perhari (sebaiknya Anda lakukan juga jika Anda telah berada pada tingkat yang lebih atas). Anda sebaiknya juga banyak bertanya dan belajar pada teman yang lebih mahir.

3. Kembangkan kemampuan

Dalam bermain gitar, Anda jangan selalu memainkan rythm atau hanya memainkan kunci-kunci dasar, tetapi Anda juga perlu mempelajari melodi.

Caranya, Anda dapat menghafalkan nada fret demi fret, melatih kekuatan dan kecepatan jari, pola solmisasi, slide, slur, hammer, tapping, dan tehnik gitar lainnya.

4. Miliki gitar sendiri

Jika diperlukan, sebaiknya Anda memiliki gitar sendiri yang sesuai dengan anatomi tangan Anda karena tiap manusia memiliki ukuran tangan yang berbeda. Perlu Anda ketahui, selain warna, tiap gitar elektrik ataupun gitar akustik memiliki perbedaan, baik dari bentuk body, besar atau kecilnya neck, maupun bahan dasarnya.

Jika Anda memilki gitar sendiri, Anda akan terbiasa dengan gitar tersebut. Ketika Anda memainkan nada, khususnya ketika Anda memainkan melodi, Anda tidak perlu terlalu khawatir jari Anda tergelincir diatas fret karena Anda memainkan gitar Anda yang sama yang Anda mainkan di rumah, di studio ataupun di atas panggung.

5. Selalu setel senar gitar ke nada standar

Samakan nada senar gitar Anda ke nada standar. Jika Anda sudah cukup mahir, Anda dapat melakukannya secara manual persenar dengan mendengarkan sebuah lagu atau dengan feeling Anda. Jika tidak, Anda dapat memakai aplikasi guitar tuner dengan mendownloadnya.

Tetapi perlu diperhatikan, hanya pada gitar yang berkualitas baik yang senarnya dapat disetel standar. Pada gitar yang berkualitas kurang baik, jika senar disetel standar, maka akan mengakibatkan senar terlalu kencang/putus, atau mengakibatkan sambungan body gitar pada bagian tertentu mengelupas, terangkat atau terlepas.

6. Berlatih membuat lagu dapat melatih rasa dan membuat Anda belajar akan banyak hal

Belajarlah membuat lagu, dari kunci sederhana atau standar hingga kunci overtune atau miring yang tidak umum.

Dengan belajar membuat lagu, secara otomatis Anda akan belajar banyak hal, seperti belajar membuat lirik lagu, belajar memperkirakan karakter vokal yang cocok dengan lagu yang Anda ciptakan, belajar harmonisasi nada, belajar memilih kunci/chord, belajar memilih instrument, dan lainnya.

Dengan membuat lagu Anda juga akan belajar rasa yaitu suasana apa yang akan Anda ciptakan atau hadirkan di dalam lagu tersebut.

7. Hati-hati dalam membuat melodi

Jika Anda sudah dapat membuat sebuah lagu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah membuat melodi untuk lagu tersebut.

Anda sebaiknya berhati-hati dalam menciptakan sebuah melodi ( kecuali pada saat Jump Session ). Mengapa? Karena melodi yang Anda ciptakan untuk sebuah lagu, harus dapat mewakili keseluruhan dari isi lagu, baik itu tema, lirik maupun suasana lagu.

8. Bergabung dengan atau membentuk sebuah band

Dengan bergabung atau membentuk sebuah band, maka Anda akan belajar bagaimana caranya agar Anda dapat membawakan lagu orang lain atau band lain semirip mungkin baik dari segi sound maupun secara teknik.

Anda juga tentunya dapat membawakan lagu Anda sendiri atau lagu ciptaan teman Anda. Dalam sebuah band, Anda juga akan belajar bagaimana caranya mengisi suara gitar rythm 1 dan suara gitar rythm 2, atau suara gitar rythm dan melodi, agar suara atau sound yang dihasilkan lebih berwarna alias tidak kosong.

9. Pelajari permainan gitaris lain

Pelajari permainan gitaris lain untuk manambah keahlian atau memberikan inspirasi bagi permainan gitar Anda. Anda dapat belajar dari gitaris-gitaris kelas dunia di antaranya:
► Anda dapat mempelajari bagaimana menciptakan suasana dalam sebuah lagu dari Joe Satriani;
► Anda dapat mempelajari eksperimen gitar dari Steve Vai;
► Anda dapat mempelajari gaya funky dari Nuno Bettencourt;
► Anda dapat mempelajari musik progressive rock dari John Petrucci.

Dan gitaris lainnya.

10. Kenali karakter permainan gitar Anda

Jika terdapat lima orang yang diberi pensil dan kertas yang sama dan kelima orang tersebut diminta menuliskan dengan tangan sebuah kalimat yang sama maka hasil tulisan tangan kelima orang tersebut tentunya berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Begitu pula dalam bermain gitar. Antara satu orang dengan orang yang lain tentu berbeda karakter, gaya dan output sound, walaupun memainkan alat musik dan nada yang sama.

11. Buat ciri khas Anda

Buat gaya permainan gitar Anda berbeda dengan gitaris lain, baik secara teknik maupun sound. Sebagai contoh, jika Anda mendengarkan intro sebuah lagu maka Anda akan tahu itu adalah lagu Van Halen yang diketahui dari ciri khas distorsi sound efek gitarnya.

Di sini tentunya Anda sebaiknya memilih gitar, sound amplifier, efek, lalu menyetelnya secara spesifik.

12. Bermain sebersih dan sejernih mungkin

Jika Anda mendalami gitar melodi, buatlah sebisa mungkin jangan ada senar yang masih berbunyi saat Anda meninggalkan senar tersebut.

Contoh saat anda selesai membunyikan nada mi (3) lalu lanjut ke nada si (7) maka jangan sampai nada mi (3) masih berbunyi.

13. Jangan potong kuku jari kiri terlalu pendek

Terakhir, jika Anda ingin mendalami gitar melodi, jangan potong terlalu pendek kuku jari kiri Anda, karena hal tersebut akan mengurangi power jari kiri Anda ketika memainkan nada-nada melodi, tidak percaya? silahkan mencoba

Semoga tips bagaimana cara belajar bermain gitar secara mandiri atau otodidak dari nol dari Budioso.blogspot.com ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "13 Tips Belajar Gitar Bagi Pemula dari Nol Agar Jadi Gitaris Hebat dan Handal"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi