Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Pengalaman Kekurangan Kelebihan Menggunakan Pinterest untuk Blog

Budioso.blogspot.com - Siapa yang tak tahu Pinterest, sebuah layanan pin yang berfungsi untuk menyimpan foto, gambar, link dan lainnya.

Pinterest adalah alat untuk menemukan sebuah ide misalnya desain, resep, rumah dan ide lainnya.

Kelemahan dan kekurangan Pinterest untuk blog - Budioso.blogspot.com
Kelemahan dan kekurangan Pinterest untuk blog - Budioso.blogspot.com


Banyak yang menggunakan Pinterest tak terkecuali para blogger. Namun ternyata ada plus dan minus dari penggunaan Pinterest untuk para blogger.

Pengalaman pakai Pinterest untuk keperluan ngeblog

Artikel di Budioso.blogspot.com tentang penggunaan Pinterest ini adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi yang berhubungan dengan blog.

Kunggulan Pinterest untuk blog

Seperti yang banyak dibahas oleh blogger lain, Pinterest dapat menaikkan visitor.

Ya pengalaman saya seperti itu. Namun ada catatan dan mungkin ini berbeda untuk tiap orang..

Saat pertama kali memasang pin artikel blog di Pinterest, jumlah trafik blog akan naik. Namun setelahnya trafik blog akan kembali seperti biasa.

Mungkin nanti jika ada seseorang yang mencari sesuatu di Pinterest lalu ketemu blog saya lalu orang tersebut akan mengklik tautan atau link menuju blog saya, baru di situ akan ada trafik pengunjung dari Pinterest.

Oh ya satu kelebihan lain dari Pinterest, adalah soal SEO.

Nantinya link artikel yang dicantumkan di Pinterest akan muncul gambar atau foto dari artikel di artikel tersebut dan foto atau gambar tersebut juga akan muncul di hasil pencarian gambar Google yang mana itu akan mempengaruhi trafik organik untuk blog dari pencarian di Google.

Kelemahan Pinterest untuk blog

Sebenarnya ini bukan kekurangan dari Pinterest, tapi ya mungkin bisa dikatakan kelemahannya juga bukan.

Terus apa dong? Gini...

Suatu waktu yang lalu saya coba cari di Google mengenai blog saya ini. Dan eng ing eng.......

Ada website yang menggunakan foto yang ada di blog saya ini tapi web tersebut mengambilnya dari Pinterest saya. Lalu Masalahnya apa?

Sebenarnya tidak ada masalah karena website tersebut mencantumkan kredit di bawah gambar/fotonya dengan teks : Pin di BUDIOSO BLOG.

Artinya gambar atau foto tersebut diambil dari Pinterest dari board atau papan yang bernama BUDIOSO BLOG dan artinya penulisan kredit itu kurang tepat

Seharusnya pihak yang mengambil gambar tersebut mengklik tautan gambar tersebut di Pinterest dan nanti link akan mengarah ke sumber gambar tersebut dan link itulah yang seharusnya dicantumkan di kredit gambar, bukan kredit dari pin board Pinterest.

Setelah kejadian itu saya sempat menghapus semua pin saya di Pinterest karena saya berpikir nantinya foto atau gambar saya yang lainnya di blog ini akan dipakai tanpa atribut lengkap.

Namun, beberapa lama kemudian, saya meletakkan (pin) semua link artikel di blog ini di Pinterest namun nama papan atau boardnya saya ganti lebih lengkap dengan mencantumkan url home blog ini Budioso.blogspot.com.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Kekurangan Kelebihan Menggunakan Pinterest untuk Blog"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi