Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Apa Arti Maksud dan Pengertian dari Pariwisata Minat Khusus?

Budioso.blogspot.com - Pada hari Jumat yang lalu tepatnya pada tanggal 9 Agustus 2019 saya hadir di acara bimtek bidang pariwisata dengan tema Pengembangan Pariwisata Minat Khusus yang diselenggarakan oleh Politeknik Pariwisata Medan di Hotel Santika Depok. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat terkait di Depok / provinsi Jawa Barat dan para narasumber.

Pengertian Bimtek (Pelatihan Bimbingan Teknis) adalah suatu kegiatan di mana peserta bimbingan teknis diberi pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan pariwisata minat khusus itu? Wisata yang bagaimana? Dan apa arti dari pariwisata minat khusus tersebut?

Arti Pariwisata Minat Khusus Maksud Pariwisata Minat Khusus Pengertian Pariwisata Minat Khusus
Kegiatan Bimtek "Pariwisata Minat Khusus" di Hotel Santika Depok
Untuk menciptakan suatu tempat wisata ada 3 hal dasar yang harus dimiliki terlebih dahulu yaitu:

1. Amenitas
Amenitas adalah ketersediaan fasilitas sarana atau pelayanan bagi wisatawan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan saat singgah, tinggal, atau berkunjung seperti ATM, musala, dsb

2. Aksesbilitas
Yaitu akses kemudahan menuju tempat / lokasi wisata tersebut

3. Atraksi
Hal apa yang dapat disampaikan atau apa nilai jual dari tempat wisata tersebut

Lalu apa itu pariwisata minat khusus?

Pariwisata minat khusus (special interest) adalah wisata yang tujuannya memberi pengalaman baru tentang sesuatu hal di daerah wisata yang dikunjungi. Wisata ini ditergetkan atau ditujukan pada wisatawan yang memiliki tujuan, motivasi, dan minat khusus dalam berwisata.

Apa yang didapatkan wisatawan dari wisata minat khusus?
1. Ada sesuatu hal yang baru (dibanding tempat wisata lain)
2. Memiliki kepuasan jika berkunjung kesana
3. Anti mainstream (tidak pasaran, tidak umum)
4. Mendapat pengalaman baru

Contoh wisata minat khusus yang ada di wilayah kota Depok 
- D'Kandang Amazing Farm (Wisata peternakan)
- Masjid Kubah Emas (Wisata religi)
- Jembatan Panus (Wisata sejarah)
- Telusur sungai Ciliwung (Wisata alam)
- Rumah Keramik (Wisata seni)

Untuk menciptakan adanya tujuan wisata minat khusus diharapkan adanya kontiribusi dari berbagai pihak di mana UMKM juga termasuk di dalamnya.

Para UMKM diharapkan dapat membuat ciri khas produknya sehingga dapat menjadi produk yang dikenal sebagai produk daerah tersebut misal pempek dari Palembang, kaos DAGADU dari Jogja, dan lain sebagainya.

Demikian sharing singkat mengenai pelatihan Bimtek "Pengembangan Pariwisata Minat Khusus" yang saya dapatkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya

Posting Komentar untuk "Apa Arti Maksud dan Pengertian dari Pariwisata Minat Khusus?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi