Bagaimana Tips Cara Menulis Membuat CV Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar?
Budioso.blogspot.com - Anda hendak melamar pekerjaan dan bingung memikirkan bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup atau CV yang baik dan benar?
Mungkin Anda pernah membuat CV/daftar riwayat hidup sebelumnya tetapi mungkin juga Anda berpikir apakah CV/daftar riwayat yang dibuat mampu menarik perhatian pihak HRD tempat Anda melamar kerja?
Lalu, bagaimana tips/cara menulis/membuat cv/daftar riwatat hidup yang baik dan benar?
Atau bagaimanakah tips/cara menulis/membuat cv/daftar riwatat hidup yang dapat menarik perhatian?
Berikut ini adalah pedoman untuk menulis/membuat CV/daftar riwayat hidup yang ringkas, padat, namun menarik perhatian.
Pada umumnya kebanyakan orang menulis atau meletakkan kata "Daftar Riwayat Hidup" pada bagian atas.
Jika Anda menjadi seorang HRD yang menerima banyak kiriman lamaran pekerjaan, tentunya Anda akan sulit menemukan kandidat/calon karyawan yang tepat secara cepat karena semua berkas lamaran kerja yang terlihat pada bagian atas selalu terlutis "Daftar Riwayat Hidup".
Lalu, apa yang mesti kita tulis pada bagian atas?
Pada bagian atas CV/daftar riwayat hidup Anda, tulislah nama Anda, nomer telp/email dan keterangan singkat mengenai diri Anda, promosikan diri Anda (apa keahlian yang Anda miliki) dengan narasi singkat yang menarik.
Tidak perlu menulis kata "Daftar Riwayat Hidup".
Dengan begitu berkas lamaran kerja Anda dengan sangat mudah dibedakan dan ditemukan oleh pihak HRD.
Narasi singkat pada bagian atas ini sangat penting karena dapat mewakili keseluruhan isi CV /daftar riayat hidup Anda.
Nomer telpon dan alamat email juga sangat penting diletakkan pada bagian atas karena memudahkan pihak HRD menemukan nomer telpon/email Anda dengan cepat.
Berikut contoh penulisan CV/daftar riwayat hidup pada bagian atas
BUDIOSO
0856-xxxxxxx / 0812-xxxxxxx
Email: xxxxx@gmail.com
Dengan latar belakang ilmu pemasaran dan pengalaman kerja selama 4 tahun di dunia marketing, meraih beasiswa dan mendapat nilai terbaik IPK 4,0, serta berprestasi dalam bidang marketing, saya yakin mampu bekerja dengan optimal di perusahaan bapak/ibu sebagai Marketing Manager
Lalu bagaimana dengan cara penulisan riwayat kerja dan riwayat pendidikan pada CV/daftar riwayat hidup?
Jika Anda seorang HRD, Anda tidak akan menanyakan hal berikut ini kepada calon karyawan:
- Apa nama sekolah taman kanak-kanak Anda?
- Di mana Anda pertama kali bekerja?
Tetapi yang pasti ditanyakan oleh pihak HRD adalah:
- Apa pendidikan terakhir Anda?
- Di mana Anda terakhir bekerja?
Berdasar hal tersebut maka, tulislah pendidikan dan pengalaman kerja Anda dari yang paling akhir hingga paling awal (paling akhir adalah berada pada posisi paling atas).
Begitu pula jika Anda memiliki daftar kursus atau training, maka letakkan training/kursus terakhir pada bagian atas.
Untuk data diri dapat Anda letakkan pada bagian akhir karena biasanya pihak HRD pertama kali akan menanyakan mengenai riwayat pendidikan, pekerjaan, skill/keahllian baru kemudian data pribadi seperti agama, alamat dll
Semoga bermanfaat
Posting Komentar untuk "Bagaimana Tips Cara Menulis Membuat CV Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar?"
Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.
Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih