Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat

Makanan Camilan Cemilan Kue Sambal Cake - Awondis

Cetak murah plus desain murah/gratis? Apa masuk akal?



Ada beberapa orang, sebagian orang yang mencari tempat cetak murah dengan harapan desainnya juga gratis. Jika kita pelajari antara desain dan cetak itu berbeda. Desain punya biaya sendiri dan cetak juga punya biaya sendiri.

Penjelasannya:
Biaya cetak berdasarkan pada bahan baku kertas atau media lain, jumlah tenaga kerja, tinta/jumlah warna, listrik dll.

Sedangkan desain juga punya cost yaitu waktu, ide, dll

Desain Murah Desain Gratis


Jadi sebenarnya saya pribadi sangat kurang setuju kalau ada istilah "cetak sekian desainnya gratis".

Bagaimanapun desain itu perlu proses, memakan waktu dan ada harganya karena yang dipakai itu otak dan kreatifitas (dan jangan lupa : waktu).

Kasihan, mematikan para desainer kalau ada yang berpromosi
"Desain sangat murah".
"Cetak di kami desain gratis".

Yah walau memang rejeki ada yang mengatur dan tidak semua berlaku seperti itu tetapi intinya adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat bahwa desain itu juga cost/biaya. "No cost" = "no design".

Pernah saya menemukan "Jasa desain logo hanya 10ribu rupiah" (harganya dibawah 1 US dollar - saat tulisan ini dibuat 1 US dollar = 14.000 rupiah)
Ya dalam hati biarkan saja....mungkin dia sudah sangat master dalam bidang desain atau dia pelan-pelan akan "bunuh diri" dengan promonya tersebut.

Para desainer itu bekerjanya tidak kenal waktu. Setiap saat memikirkan bagaimana konsep atau ide desainnya. Berbeda dengan pekerjaan lain yang datanya hanya bisa dikerjakan hanya pada saat di kantor, maka seorang desainer grafis bekerja sampai diluar jam kantor. Berpikir saat sedang dalam perjalanan, saat mandi, saat makan dan lain-lain demi mencari sebuah ide. Lantas apakah konsep desain masih saja dibayar murah?












Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)