Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Agen Bus atau Bis di Daerah Depok

Budioso.blogspot.com - Agen bis Jawa di Depok ada di dekat terminal Depok tepatnya sebelah kiri dari arah Citayam menuju ke arah margonda sebelum terminal Depok (jika dari arah Jakarta, letaknya ada di sebelah kanan jalan, setelah terminal Depok).

Ada 3 parkiran bis di sana, urutannya dari arah Citayam yaitu bus Sumatra-an, kemudian dua parkiran lainnya bis ke arah Jawa.

Awalnya saya berharap ada agen bis PO Sumba Putra di Depok agar di akhir perjalanan ke arah Jawa nanti saya tidak perlu turun di Karang Turi dan melanjutkan perjalan ke arah Tirtomoyo menggunakan ojek karena bis PO Sumba Putra adalah bis yang langsung menuju ke arah Tirtomoyo.

Agen bus Agen bis di daerah Depok Margonda

Jika tidak ada agen bis PO Sumba Putra di Depok, opsi kedua saya adalah agen bis PO Tunggal Daya di Depok (atau agen bis Tunggal Dara di Depok dan agen bis Gajah Mungkur di Depok).

Mengapa saya memilih bis Tunggal Daya? Karena sejak kecil saya terbiasa menggunakan bis Tunggal Daya walaupun di akhir perjalanan saya harus turun di Karang Turi nantinya untuk menuju ke arah Tirtomoyo.

Setelah tiba di agen bis jawa di Depok, saya tidak mendapati bis Sumba Putra ataupun bis Tunggal Daya yang saya cari. Bis jurusan Jawa yang saya lihat/temui saat itu yang ada di agen bis Depok diantaranya bis:

  • Bus/bis PO Sedya Mulya – Agen Depok
  • Bus/bis PO Sindoro Satria Mas – Agen Depok
  • Bus/bis PO Sinar Jaya – Agen Depok
  • Bus/bis PO Damri – Agen Depok
  • Bus/bis PO Sumber Alam – Agen Depok
  • Bus/bis PO Laju Prima – Agen Depok

Dari beberapa bis tersebut ada dua bis yang menjadi pilihan saya ke arah Wonogiri yaitu bis Sedya Mulya dan bis Sindoro Satria Mas.

Setelah menanyakan harga tiket di agen bis Depok akhirnya saya memutuskan untuk membeli tiket bis PO Sedya Mulya.

Mengapa saya memilih bis Sedya Mulya?

Karena bis Sindoro Satria Mas termasuk perusahaan bis baru sedangkan bus Sedya Mulya sudah ada sejak saya kecil (tapi suatu saat saya ingin mencoba touring menggunakan berbagai layanan bus termasuk bis PO Sindoro Satria Mas, Lorena-Karina, Pahala Kencana, Rosin (Rosalia Indah), Bejeu, OBL (Safari Dharma Raya), Gunung Mulia, Gajah Mungkur, Raya, dll. Insya Allah – maklum, saya suka sekali dengan bus :D )

Kembali ke harga, untuk harga tiket bis malam jurusan Wonogiri kelas executive, tiket PO Sedya Mulya di agen Depok di bandrol Rp 180.000.

Sedangkan untuk harga tiket bis kelas VIP PO Sindoro Satria Mas di agen Depok harganya Rp 170.000.
(Harga per Agustus 2015)

Wow diluar perkiraan harganya termasuk murah untuk kelas executive karena perkiraan saya harga tiketnya diatas Rp 200.000-350.000 untuk kelas VIP (maklum sudah lama saya tidak bepergian ke Wonogiri – Tirtomoyo).

Sebagai gambaran, urutan kelas bis dari yang tertinggi ke yang terendah/dibawahnya yaitu:

Super Executive / Super Top / Big Top
(Ciri khasnya jarak antar kursi sangat-sangat lega, seat 2-1, kanan 2 kursi dan kiri 1 kursi)
Executive
(Biasanya terdiri dari 32 kursi, seat 2-2 , kanan 2 kursi dan kiri 2 kursi)
VIP
(Kursinya lebih padat dari Executive tetapi masih seat 2-2, kanan 2 kursi dan kiri 2 kursi)
AC Ekonomi
(Seat 3-2, kanan 3 kursi dan kiri 2 kursi, tanpa toilet)
Ekonomi
(Seat 3-2, kanan 3 kursi dan kiri 2 kursi tanpa AC & tanpa toilet)

Mungkin harga yang relatif terjangkau ini dikarenakan adanya persaingan yang sengit antar PO yang ada di Wonogiri.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari internet dan grup bus di media sosial, banyak bis dari luar Wonogiri yang beroperasi di Wonogiri bahkan trayek/operasinya sampai ke wilayah kecamatan Wonogiri.

Hal tersebut membuat beberapa pengusaha bis di Wonogiri menurunkan harga tiket/tarif bis agar dapat terus bersaing.

Menurut agen bis PO Sedya Mulya Depok, bis akan menuju ke arah Tirtomoyo, namun dalam perjalanan, karena penumpang yang tadinya berjumlah 6 orang dari Depok dan tinggal 3 penumpang ketika sampai daerah Wonogiri, maka bus tidak jadi ke arah Tirtomoyo (turun di Karang Turi juga akhirnya :D)

Interior bus malam PO Sedya Mulya agen Depok Executive
( Interior bus malam PO Sedya Mulya agen Depok Executive )

Fasilitas bus executive PO Sedya Mulya Depok - Wonogiri – Baturetno:

  • Jarak antar kursi yang sangat lega (2-2, total 32 Seat)
  • Sandaran betis/kaki
  • Bantal & selimut
  • DVD
  • Toilet
  • Makan prasmanan 1x
  • AC & Music

Layanan ok, sayangnya saya tidak sempat foto bisnya, hanya foto tiket bis dan foto interior bis saja (ngeblur).

Bis Sedya Mulya saat itu berbody Jetbus tapi saya tidak melihat adanya logo karoseri Adiputro dan logo merek mesin yang digunakannya (untuk bus Sindoro Satria Mas saya lihat menggunakan body Marcopolo)

Semoga perusahaan bus asli Wonogiri makin oke dalam layanan/fasilitas agar mampu bersaing dengan perusahaan bus luar Wonogiri terutama yang menurut saya urgent saat adalah peremajaan armada dan adanya website (dan fitur dalam website berupa pemesanan tiket online seperti yang dimiliki PO bis lain).

Bravo bis Wonogiri!

Note : Update per Maret 2019, bis / bus yang ada di Margonda dan di wilayah Depok, diminta oleh dishub / pemerintah kota Depok untuk masuk ke terminal Jatijajar Depok. Jadi Anda dapat langsung menuju ke terminal Jatijajar untuk mendapatkan tiket bus yang Anda cari.

4 komentar untuk "Agen Bus atau Bis di Daerah Depok"

  1. kalau untuk bus Lorena, harapan jaya dan Po Raya di Depok agen nya dimana ya mas?

    BalasHapus
  2. Klau mau ke madura dari mana??

    BalasHapus

Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.

Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi