Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

6 Tips Optimasi Instagram Memaksimalkan Penjualan Melalui Sosial Media Instagram

Budioso.blogspot.com - Saat ini promosi atau kegiatan pemasaran sudah memasuki era digital menggunakan sarana sosial media. Salah satu sosial media yang akan dibahas kali ini adalah penggunaan sosial media Instagram untuk sarana media promosi, merketing, penjualan atau sales.

Bagaimana tips, cara atau langkah memaksimalkan penggunaan Instagram? Atau bagaimana cara menggunakan Instagram yang tepat?

Penggunaan Instagram

Di bawah ini ada beberapa poin bahasan singkat untuk bagaimana menggunakan Instagram agar hasilnya sesuai dengan harapan

1. Memperbanyak Follower

Secara teori, makin banyak follower atau pengikut akun Instagram Anda, maka tentunya produk, jasa atau merek yang Anda tawarkan akan dikenal lebih luas.

Untuk itu mulailah untuk memanbah jumlah follower yang Anda miliki.

Tips langkah bagaimana cara memaksimalkan penggunaan sosial media Instagram
Tips langkah bagaimana cara memaksimalkan penggunaan sosial media Instagram

2. Beri Keterangan Di Bio Instagram Anda

Ketika orang atau akun yang Anda follow balik atau kembali memfollow akun Anda, pasti mereka akan melihat "Siapa ini yang memfollow saya?".

Inilah pentingnya "Bio" di akun Instagram Anda.

Tulislah informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan secara singkat namun lengkap dan padat pada kolom bio di akun Instagram Anda termasuk mencantumkan nomor kontak, alamat, email, dan lainnya.

3. Posting Foto Atau Video Yang Menarik

Instagram adalah sosial media yang postingnya mengutamakan penggunaan foto/video.

Maka postinglah produk Anda dengan foto atau video yang bagus yang dapat menarik perhatian follower Anda.

4. Bangun Kedekatan Dengan Konsumen

Posting di Instagram janganlah selalu/melulu langsung tertuju pada produk. Misal produk yang Anda jual adalah makanan, maka jangan selalu posting foto makanan. Mengapa?
  • Begitu banyak akun di Instagram yang memposting atau menampilkan foto produk makanan. Tentu Anda sudah terlalu sering melihat posting-posting semacam ini di Instagram.
  • Tarik perhatian konsumen dengan pendekatan emosioal, misalkan foto seorang model yang sedang berpikir dan Anda berikan caption (keterangan di bawah foto) misal :
    "Bingung mau makan apa? beli / makan produk ini aja" dst
    (Harap diperhatikan izin/lisensi/persetujuan dari sang model jika menggunakan model).

5. Beri Hastag Di Kalimat Atau Caption Pada Postingan

Beri hastag di kalimat atau caption promosi Anda. Misal Anda berkecimpung di bidang cafe atau warung makan di wilayah Depok, Anda dapat menambahkan kata #cafedepok #warungmakandepok dll.

Untuk hastag lain dapat Anda pikirkan, kira-kira kata kunci apa yang biasa orang cari di sosial media atau internet jika orang mencari cafe dan warung makan di Depok.

Anda pun dapat bereksplorasi mencoba hastag yang berbeda-beda di tiap postingan.

Sebagai catatan perposting dapat memuat hastag sebanyak 30 buah hastag.

6. Rubah Akun Instagram Dari Personal Ke Akun Bisnis

Dengan akun Instagram bisnis Anda akan dapat melihat profil follower Anda berdasarkan presentase, misal berapa persen follower wanita, berapa persen follower pria, berapa rentang usianya, dari daerah atau wilayah negara mana saja dan info-info lainnya.

Dengan akun bisnis Anda pun dapat beriklan mempromosikan posting Instagram Anda melalui Facebook ads.

Untuk dapat merubah akun Instagram personal menjadi akun Instagram bisnis dan untuk dapat beriklan (iklan berbayar di Instagram melalui Facebook) Anda perlu membuat akun fanpage Facebook terlebih dahulu kemudian nantinya akun fanpage Facebook tersebut dihubungkan dengan akun Instagram Anda.

Kesimpulan

Sosial media Instagram perlu diperhatikan dalam pemakaiannya supaya dapat mencapai tujuan pemasaran. Langkah-langkah di atas dapat Anda coba untuk meningkatkan marketing, sales, dan penjualan Anda.

Posting Komentar untuk "6 Tips Optimasi Instagram Memaksimalkan Penjualan Melalui Sosial Media Instagram"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi