3 Fungsi Iklan. Apa Saja sih Fungsi Iklan Itu?
Budioso.blogspot.com - "Kalau Anda memiliki merek, produk, atau jasa, sebelum beriklan sebaiknya Anda lebih dahulu mengetahui apa fungsi dari iklan agar iklan Anda optimal dan tepat dalam pengaplikasiannya."
Di dalam keseharian kita, kita banyak sekali melihat berbagai macam pengumuman, informasi atau yang disebut dengan iklan di sekitar kita yang dapat kita jumpai di mana-mana baik iklan selebaran yang ditempel di tiang listrik, iklan di harian surat kabar, di televisi, radio dsb.
Di dalam keseharian kita, kita banyak sekali melihat berbagai macam pengumuman, informasi atau yang disebut dengan iklan di sekitar kita yang dapat kita jumpai di mana-mana baik iklan selebaran yang ditempel di tiang listrik, iklan di harian surat kabar, di televisi, radio dsb.
Jika kita cermati, apakah iklan tersebut efektif? Apakah fungsi iklan yang sebenarnya?
Contoh misalkan ada sebuah produk baru, maka fungsi iklan ini berguna untuk menginformasikan mengenai merek baru atau produk baru secara rinci atau detail seperti misalnya
Kegiatan beriklan menginformasikan ini perlu dilakukan secara terus menerus jika Anda memiliki merek, produk, atau jasa yang baru atau belum dikenal secara luas oleh masyarakat.
Jika tahap pertama tadi yaitu menginformasikan produk pada masyarakat sudah dilakukan maka tahap berikutnya atau tahap kedua dari kegiatan beriklan adalah membujuk orang untuk membeli karena orang sudah mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.
Apa Saja Fungsi iklan?
Iklan memiliki 3 fungsi. Masing-masing di antaranya adalah
Fungsi iklan |
1. Menginformasikan
Iklan berfungsi untuk menginformasikan sebuah merek, produk, atau jasa. Fungsinya yaitu membuat orang, masyarakat, atau calon konsumen sadar (aware) dengan adanya merek, produk, atau jasa tersebut.Contoh misalkan ada sebuah produk baru, maka fungsi iklan ini berguna untuk menginformasikan mengenai merek baru atau produk baru secara rinci atau detail seperti misalnya
- Apa komposisi atau bahan produknya
- Di mana produk tersebut dapat diperoleh
- Berapa harganya
- Apa kelebihannya produk yang diiklankan
- Berapa lama daya tahan produk tersebut
- Apakah produknya memiliki garansi
- dan lain sebagainya (Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan karakter produk atau jasa Anda)
Kegiatan beriklan menginformasikan ini perlu dilakukan secara terus menerus jika Anda memiliki merek, produk, atau jasa yang baru atau belum dikenal secara luas oleh masyarakat.
Reklame / papan iklan sebagai media komunikasi |
2. Membujuk
Fungsi iklan yang kedua adalah, iklan berfungsi sebagai media untuk membujuk orang atau calon konsumen untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan.Jika tahap pertama tadi yaitu menginformasikan produk pada masyarakat sudah dilakukan maka tahap berikutnya atau tahap kedua dari kegiatan beriklan adalah membujuk orang untuk membeli karena orang sudah mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.
3. Mengingatkan
Fungsi iklan yang ketiga adalah, iklan berfungsi sebagai pengingat.
Tentunya kita pernah melihat di televisi (TV), internet, atau media lainnya mengapa produk yang sudah laris dan sudah dikenal oleh masyarakat luas tetap saja beriklan padahal secara omzet penjualan produk dari merek tersebut sangatlah laku di pasaran.
Mengapa mereka tetap beriklan walau sudah laris dan terkenal?
Tujuannya tak lain adalah agar merek atau produknya tetap berada di benak atau ingatan konsumen dan agar tidak tergeser oleh merek atau produk lain baik dari pesaing lama atau dari pesaing baru yang banyak bermunculan di pasar.
Tentunya kita pernah melihat di televisi (TV), internet, atau media lainnya mengapa produk yang sudah laris dan sudah dikenal oleh masyarakat luas tetap saja beriklan padahal secara omzet penjualan produk dari merek tersebut sangatlah laku di pasaran.
Mengapa mereka tetap beriklan walau sudah laris dan terkenal?
Tujuannya tak lain adalah agar merek atau produknya tetap berada di benak atau ingatan konsumen dan agar tidak tergeser oleh merek atau produk lain baik dari pesaing lama atau dari pesaing baru yang banyak bermunculan di pasar.
Kesimpulan
Jangan bosan beriklan. Dari ketiga fungsi iklan tadi sebaiknya dijalankan dan dilihat dari kondisi produk yang ditawarkan.Misalkan masyarakat belum mengenal produk, maka perbanyak dahulu iklan yang bersifat menginformasikan lalu jika dirasa sudah cukup maka lakukan langkah selanjutnya yaitu menjalankan iklan membujuk dan kemudian buatlah iklan pengingat.
Ingatlah terus fungsi iklan ini untuk goal beriklan Anda.
Demikian artikel mengenai fungsi iklan, Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya :)
Demikian artikel mengenai fungsi iklan, Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya :)
Posting Komentar untuk "3 Fungsi Iklan. Apa Saja sih Fungsi Iklan Itu?"
Diharapkan untuk tidak meletakkan link di kolom komentar. Jika berkomentar dengan mencantumkan link maka komentar tidak akan dimunculkan.
Jika Anda ingin berpromosi dengan menyertakan link, lebih efektif promosi dengan artikel dibanding berpromosi di kolom komentar. Anda dapat mengendorse blog ini dengan memasang artikel di blog ini atau memasang banner iklan. Silahkan hubungi saya via email di halaman kontak untuk info harga endorse lebih lanjut. Terima kasih