Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

3 Fungsi Iklan. Apa Saja sih Fungsi Iklan Itu?

Budioso.blogspot.com - "Kalau Anda memiliki merek, produk, atau jasa, sebelum beriklan sebaiknya Anda lebih dahulu mengetahui apa fungsi dari iklan agar iklan Anda optimal dan tepat dalam pengaplikasiannya."

Di dalam keseharian kita, kita banyak sekali melihat berbagai macam pengumuman, informasi atau yang disebut dengan iklan di sekitar kita yang dapat kita jumpai di mana-mana baik iklan selebaran yang ditempel di tiang listrik, iklan di harian surat kabar, di televisi, radio dsb.

Jika kita cermati, apakah iklan tersebut efektif? Apakah fungsi iklan yang sebenarnya?

Apa Saja Fungsi iklan?

Iklan memiliki 3 fungsi. Masing-masing di antaranya adalah

Fungsi iklan
Fungsi iklan

1. Menginformasikan

Iklan berfungsi untuk menginformasikan sebuah merek, produk, atau jasa. Fungsinya yaitu membuat orang, masyarakat, atau calon konsumen sadar (aware) dengan adanya merek, produk, atau jasa tersebut.

Contoh misalkan ada sebuah produk baru, maka fungsi iklan ini berguna untuk menginformasikan mengenai merek baru atau produk baru secara rinci atau detail seperti misalnya
  • Apa komposisi atau bahan produknya
  • Di mana produk tersebut dapat diperoleh
  • Berapa harganya
  • Apa kelebihannya produk yang diiklankan
  • Berapa lama daya tahan produk tersebut
  • Apakah produknya memiliki garansi
  • dan lain sebagainya (Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan karakter produk atau jasa Anda)

Kegiatan beriklan menginformasikan ini perlu dilakukan secara terus menerus jika Anda memiliki merek, produk, atau jasa yang baru atau belum dikenal secara luas oleh masyarakat.


Fungsi Iklan
Reklame / papan iklan sebagai media komunikasi

2. Membujuk

Fungsi iklan yang kedua adalah, iklan berfungsi sebagai media untuk membujuk orang atau calon konsumen untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan.

Jika tahap pertama tadi yaitu menginformasikan produk pada masyarakat sudah dilakukan maka tahap berikutnya atau tahap kedua dari kegiatan beriklan adalah membujuk orang untuk membeli karena orang sudah mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Mengingatkan

Fungsi iklan yang ketiga adalah, iklan berfungsi sebagai pengingat.

Tentunya kita pernah melihat di televisi (TV), internet, atau media lainnya mengapa produk yang sudah laris dan sudah dikenal oleh masyarakat luas tetap saja beriklan padahal secara omzet penjualan produk dari merek tersebut sangatlah laku di pasaran.

Mengapa mereka tetap beriklan walau sudah laris dan terkenal?

Tujuannya tak lain adalah agar merek atau produknya tetap berada di benak atau ingatan konsumen dan agar tidak tergeser oleh merek atau produk lain baik dari pesaing lama atau dari pesaing baru yang banyak bermunculan di pasar.

Kesimpulan

Jangan bosan beriklan. Dari ketiga fungsi iklan tadi sebaiknya dijalankan dan dilihat dari kondisi produk yang ditawarkan.

Misalkan masyarakat belum mengenal produk, maka perbanyak dahulu iklan yang bersifat menginformasikan lalu jika dirasa sudah cukup maka lakukan langkah selanjutnya yaitu menjalankan iklan membujuk dan kemudian buatlah iklan pengingat.

Ingatlah terus fungsi iklan ini untuk goal beriklan Anda.

Demikian artikel mengenai fungsi iklan, Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya :)

Posting Komentar untuk "3 Fungsi Iklan. Apa Saja sih Fungsi Iklan Itu?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi