Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Ini Dia Beberapa Macam Jenis Tiket Kereta KRL Commuter Line

Budioso.blogspot.com - Sebelum Anda naik kereta Commuter Line, pastikan Anda sudah membeli / memiliki tiketnya.

Tiket kereta Commuter Line berbentuk kartu seperti kartu ATM bank namun ada juga loh tiket Commuter Line yang berbentuk gelang tangan untuk tiket berlangganan (KMT).

Macam-macam tiket kereta Commuter Line terdiri dari tiga jenis yaitu

A. Tiket kereta Commuter Line harian / tiket harian berjaminan (THB)

Harga/tarif tiket kereta Commuter Line harian ini berbeda-beda dari satu stasiun ke stasiun lainnya tergantung dari jarak / tujuan Anda misal dari stasiun tempat Anda membeli tiket ke stasiun yang Anda tuju.

Pastikan Anda turun / tap kartu (tiket) di stasiun tujuan Anda, karena jika kartu / tiket tidak sesuai dengan stasiun tujuan Anda maka Anda akan dikenakan sanksi.

Untuk membeli tiket harian Commuter Line ini Anda dikenakan biaya tambahan untuk jaminan kartu. 

Nantinya uang jaminan akan dikembalikan (dapat di refund) pada Anda setelah Anda selesai melakukan perjalanan di stasiun akhir dengan cara menukarkan tiket harian (THB) Anda ke petugas loket/tiket atau dapat dilakukan di vending machine yang tersedia di stasiun tertentu.

Apa itu vending machine? 

Vending machine adalah suatu alat / mesin yang menjual barang / produk secara otomatis. Vending machine tidak membutuhkan tenaga manusia / operator dan kita dapat memilih sendiri jenis barang / layanan yang ditawarkan oleh vending machine.

Macam-macam jenis tiket kereta commuter line harian langganan dan kartu bank - Budioso.blogspot.com
Macam-macam jenis tiket kereta commuter line harian langganan dan kartu bank - Budioso.blogspot.com


Kembali pada bahasan tiket harian Commuter Line di Budioso.blogspot.com ini.

Jika Anda masih akan berencana melakukan perjalanan kembali menggunakan sarana transportasi Commuter Line, disarankan menukar / mengambil uang jaminan kartu / tiket Commuter Line Anda setelah Anda benar-benar tidak lagi melakukan perjalanan dengan kereta Commuter Line. 

Mengapa?

Alasannya untuk menghemat waktu karena biasanya banyak penumpang yang antri untuk menukar  / refund / mengambil uang jaminan tiket kereta Commuter Line.

Masih banyak penumpang Commuter Line yang belum mengetahui bahwa batas maksimal penukaran tiket kereta Commuter Line maksimal adalah satu / 1 minggu (7 / tujuh hari) sejak tanggal pembelian.

Anda akan melakukan perjalanan pulang kembali menggunakan Commuter Line?

Disarankan jika kondisi stasiun ramai, ketika sampai di stasiun tujuan Anda langsung membeli / mengisi tiket harian Anda terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika terjadi antrian panjang di loket ketika Anda akan pulang nanti.

B. Tiket kereta berlangganan / kartu multi trip (KMT)

Kartu berlangganan / multi trip (KMT) kereta Commuter Line bisa Anda beli di loket stasiun tanpa uang jaminan.

Terakhir saya membeli kartu multi trip Commuter Line seharga Rp 50.000 dengan isi saldo Rp 30.000.

Saldo/jumlah uang di kartu multi trip Anda nantinya akan berkurang / terpotong sesuai jarak stasiun awal ke stasiun tujuan Anda. Anda dapat mengisi ulang saldo KMT di loket atau di vending machine.

C. Tiket kereta menggunakan kartu bank

Selain kartu harian (THB) dan kartu berlangganan (KMT), untuk perjalanan Commuter Line Anda dapat menggunakan kartu bank yaitu BRIZZI dari bank BRI, Flazz dari bank BCA, Tap Cash dari bank BNI, dan e-money dari bank Mandiri.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan kartu multi trip atau kartu bank untuk perjalanan menggunakan kereta Commuter Line saat artikel ini ditulis adalah, kartu ini dalam penggunaannya di Commuter Line harus memiliki saldo minimal.

Jangan sampai saldo Anda isinya kurang dari saldo minimal yang di tentukan oleh pihak kereta api / Commuter Line.

Kedua, Anda harus menggunakan kartu yang sama untuk tap in dan tap out, jika tidak, Anda akan mendapatkan sanksi / pinalti.

Saat ini, untuk membeli tiket harian berjaminan (THB) dan mengisi saldo baik saldo tiket harian berjaminan (THB) atau tiket kereta berlangganan / kartu multi trip (KMT), Anda dapat menggunakan vending machine yang tersedia di beberapa stasiun.

Untuk sementara pembelian tiket kereta berlangganan / kartu multi trip (KMT) belum bisa dilayani di vending machine.

Demikian info/artikel mengenai jenis/macam kartu kereta Commuter Line. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Ini Dia Beberapa Macam Jenis Tiket Kereta KRL Commuter Line"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi