Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Tips Cara Belajar Cepat dan Efektif dalam Menghafal Pelajaran atau Mata Kuliah

Budioso.blogspot.com - Bagi para pelajar atau mahasiswa sebagian besar mengalami kesulitan untuk menguasai materi hafalan karena banyaknya pokok bahasan.

Bagi sebagian yang lain cara menghafal mata pelajaran/mata kuliah mungkin cukup dengan membaca berulang kali namun bagi sebagian pelajar/mahasiswa yang lain mungkin cara menghafal pelajaran atau mata kulah dengan cara membaca berulang tidaklah cukup dan tetap saja mata pelajaran/mata kuliah sulit untuk dikuasai/dihafal.

Lalu bagaimana cara belajar yang efektif? Bagaimana cara menghafal pelajaran/mata kuliah yang begitu banyak?

Cara menghafal di bawah ini saya peroleh dari guru saya dan untuk saya sendiri hal tersebut memang berhasil.

Untuk Anda yang sedang mencoba menghafal pelajaran atau menghafal mata kuliah tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Cara Belajar Cepat dan Efektif - Tips/Cara Menghafal Pelajaran/Mata Kuliah
Tips Cara Belajar Cepat Dan Efektif Dalam Menghafal Pelajaran Atau Mata Kuliah

Tips/cara menghafal pelajaran/mata kuliah yang pertama adalah dengan cara merangkum.

Coba jika diperhatikan, satu bab saja dalam satu buku pelajaran atau mata kuliah begitu banyak paragraf.

Jika kita perhatikan maka hanya ada beberapa paragraf saja bahkan hanya beberapa kalimat saja yang penting.

Rangkum/catat hal yang penting saja dari tiap bab maka secara tidak sadar materi yang kita rangkum yaitu dari yang kita lihat dari buku pelajaran atau buku mata kuliah akan berpindah tempat yaitu berpindah dari buku yang kita lihat, kita rekam ke otak, kemudian kita tulis kembali menjadi rangkuman pelajaran/mata kuliah.

Secara tidak sadar kita telah mengingat mata pelajaran/mata kuliah dan merekamnya ke dalam otak kita.

Cara belajar/menghafal seperti ini sangat efektif untuk menjawab soal pilihan ganda. Jangan lupa, apa yang sudah dirangkum tetap dibaca kembali.

Cara lain merangkum tidak perlu ditulis kembali ke atas kertas, mungkin bisa juga diberi garis bawah atau diberi warna untuk paragraf yang penting.

Apakah dengan cara ditulis kembali atau cukup dengan memberi garis bawah atau diberi warna, itu kembali kepada pilihan Anda.

Tips/cara menghafal pelajaran/mata kuliah yang berikutnya adalah dengan cara membuat soal.

Proses belajar/menghafal dengan membuat soal kurang lebih sama dengan cara merangkum di atas hanya saja perbedaannya adalah, jika merangkum adalah mencatat hal yang penting dari suatu bab, maka membuat soal adalah merangkum suatu paragraf yang kita anggap penting dirubah menjadi soal/pertanyaan pilihan ganda atau penjabaran/esai.

Untuk jawaban esai atau pilihan ganda sebaiknya di catat pada halaman lain karena rangkuman yang kita rubah menjadi soal tersebut akan menjadi soal latihan kita sebelum menghadapi ujian.

Demikian artikel mengenai tips/cara menghafal pelajaran/mata kuliah untuk menghadapi ujian, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya :)

Posting Komentar untuk "Tips Cara Belajar Cepat dan Efektif dalam Menghafal Pelajaran atau Mata Kuliah"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi