Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat

Makanan Camilan Cemilan Kue Sambal Cake - Awondis

Cara Belajar Cepat dan Efektif - Tips/Cara Menghafal Pelajaran/Mata Kuliah



Bagi para pelajar atau mahasiswa sebagian besar mengalami kesulitan untuk menguasai materi hafalan karena banyaknya pokok bahasan. Bagi sebagian yang lain cara menghafal mata pelajaran/mata kuliah mungkin cukup dengan membaca berulang kali namun bagi sebagian pelajar/mahasiswa yang lain mungkin cara menghafal pelajaran atau mata kulah dengan cara membaca berulang tidaklah cukup dan tetap saja mata pelajaran/mata kuliah sulit untuk dikuasai/dihafal.

Lalu bagaimana cara belajar yang efektif? Bagaimana cara menghafal pelajaran/mata kuliah yang begitu banyak?. Cara menghafal di bawah ini saya peroleh dari guru saya dan untuk saya sendiri hal tersebut memang berhasil. Untuk anda yang sedang mencoba menghafal pelajaran atau menghafal mata kuliah tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Cara Belajar Cepat dan Efektif - Tips/Cara Menghafal Pelajaran/Mata Kuliah

Tips/cara menghafal pelajaran/mata kuliah yang pertama adalah dengan cara merangkum.

Coba jika diperhatikan, satu bab saja dalam satu buku pelajaran atau mata kuliah begitu banyak paragraf. Jika kita perhatikan maka hanya ada beberapa paragraf saja bahkan hanya beberapa kalimat saja yang penting. Rangkum/catat hal yang penting saja dari tiap bab maka secara tidak sadar materi yang kita rangkum yaitu dari yang kita lihat dari buku pelajaran atau buku mata kuliah akan berpindah tempat yaitu berpindah dari buku yang kita lihat, kita rekam ke otak, kemudian kita tulis kembali menjadi rangkuman pelajaran/mata kuliah. Secara tidak sadar kita telah mengingat mata pelajaran/mata kuliah dan merekamnya ke dalam otak kita. Cara belajar/menghafal seperti ini sangat efektif untuk menjawab soal pilihan ganda. Jangan lupa, apa yang sudah dirangkum tetap dibaca kembali.

Cara lain merangkum tidak perlu ditulis kembali ke atas kertas, mungkin bisa juga diberi garis bawah atau diberi warna untuk paragraf yang penting. Apakah dengan cara ditulis kembali atau cukup dengan memberi garis bawah atau diberi warna, itu kembali kepada pilihan anda.

Tips/cara menghafal pelajaran/mata kuliah yang berikutnya adalah dengan cara membuat soal.

Proses belajar/menghafal dengan membuat soal kurang lebih sama dengan cara merangkum di atas hanya saja perbedaannya adalah, jika merangkum adalah mencatat hal yang penting dari suatu bab, maka membuat soal adalah merangkum suatu paragraf yang kita anggap penting dirubah menjadi soal/pertanyaan pilihan ganda atau penjabaran/esai. Untuk jawaban esai atau pilihan ganda sebaiknya di catat pada halaman lain karena rangkuman yang kita rubah menjadi soal tersebut akan menjadi soal latihan kita sebelum menghadapi ujian.

Demikian artikel mengenai tips/cara menghafal pelajaran/mata kuliah untuk menghadapi ujian, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya :)









Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)