Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat

Makanan Camilan Cemilan Kue Sambal Cake - Awondis

Pakai laptop/netbook/notebook baterai dipasang atau dilepas?



Sebagai pengguna laptop tentu kita pernah bertanya apakah sebaiknya saat memakai/menggunakan laptop/netbook/notebook, baterai laptop dilepas dan kabel power adapter dipasang atau baterai laptop tetap dipasang dengan kabel power adapter tetap terhubung?.

Ada diantara kita sebagai pengguna laptop yang cemas jika baterai tetap dipasang berbarengan dengan kabel power adapter dikhawatirkan baterai akan over charge dan khawatir baterai akan menjadi rusak atau cepat rusak.

Lalu mana yang benar? Baterai laptop dilepas lalu menggunakan laptop dengan tenaga listrik PLN menggunakan kabel power adapter atau biarkan saja baterai laptop tetap terpasang berbarengan dengan kabel power adapter?

Penjelasan

Baterai laptop netbook notebook dipasang atau baterai laptop dilepas


Selain untuk mobile, baterai laptop/netbook/notebook diciptakan/dirancang untuk menghindari aliran listrik PLN yang mati tiba-tiba karena jika aliran listrik mati dan laptop/netbook/notebook dalam keadaan tanpa baterai maka aliran listrik yang tiba-tiba hilang itu dapat merusak komponen hardware atau stabilitas software (file corrupt). Jika baterai tetap terpasang pada laptop dan jika aliran listrik PLN tiba-tiba mati maka laptop yang sedang bekerja tidak akan mengalami mati tiba-tiba dan dapat di shutdown atau dimatikan dengan aman.

Lalu apakah baterai yang tetap terpasang pada laptop berbarengan dengan kabel power tidak akan merusak baterai laptop/netbook/notebook?

Saat ini terdapat berbagai macam laptop/netbook/notebook. Untuk laptop/netbook/notebook tertentu keluaran terbaru biasanya terdapat software pengelola energi bawaan dari pabrikan laptop/netbook/notebook yang berguna untuk mengatur daya charger pada baterai. Disana terdapat pilihan apakah anda akan mencharge baterai full (untuk mobile jika baterai penuh kabel power adapter di lepas) atau hanya charge baterai sampai dengan sekian persen.

Untuk pilihan hanya charge sampai sekian persen adalah fitur untuk tetap menghubungkan laptop dengan kabel power adapter ke laptop/netbook/notebook dan jika pasokan listrik ke baterai sampai pada level sekian persen maka aliran listrik PLN akan berhenti memasok daya ke baterai dan baterai akan tetap pada level sekian persen selama kabel power adapter tetap terhubung. Fitur ini digunakan untuk penggunaan laptop/netbook/notebook yang terus menerus atau dalam jangka waktu lama.

Lalu bagaimana jika laptop/netbook/notebook anda tidak memiliki software/aplikasi pengatur daya charger baterai?

Jika anda khawatir baterai akan over charge, disarankan jika baterai laptop sudah penuh maka segera cabut kabel power adapter dan pasang kabel power adapter kembali saat baterai laptop/netbook/notebook sudah akan habis.

Ingat, usahakan jangan pernah melepas baterai dan hanya menggunakan daya dari kabel power adapter, karena jika aliran PLN mati maka laptop/netbook/notebook anda bisa rusak.

Lebih baik mengganti baterai dengan baterai yang baru jika baterai yang sering digunakan rusak daripada software, hardware (seperti motherboard, hardisk dll) yang terdapat pada laptop/netbook/notebook anda rusak dan daripada anda kehilangan data-data anda.

Demikian artikel mengenai baterai laptop/netbook/notebook dipasang atau baterai laptop/netbook/notebook dilepas.

Semoga bermanfaat












Artikel Lainnya


    3 comments:

    1. Sob mau numpang nanya, ane suka copot batre pas kerja, apa hal itu yg bikin laptop ane jd suka nge hank ?

      Di tunggu jawabannya ya ..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sepertinya tidak ada hubungannya, kecuali (mungkin) karena laptop sering mati karena pasokan listrik PLN putus mendadak.
        Atau mungkin diluar masalah listrik yaitu adanya virus, banyaknya aplikasi yang berjalan dll

        Delete
    2. jangan pernah cabut baterrai bos
      thanks sudah mampir di denysetyoaji.blogspot.com

      ReplyDelete

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)