Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat

Makanan Camilan Cemilan Kue Sambal Cake - Awondis

Tips memulai usaha dari nama dan logo (dan marketing online)



Ditulis oleh Budi S

Bagi anda yang mempertimbangkan membuka usaha berikut saya tulis Tips Memulai Usaha dari Nama dan Logo dimana artikel ini membahas mengenai awal membuka usaha yang dimulai dari pemilihan nama dan penggunaan logo (juga pemasaran melalui internet/media sosial)

Buat nama brand anda

Buat nama brand anda, bayangkanlah usaha anda nantinya akan menjadi besar Mengapa kita perlu nama? Ya, kita memerlukan sebuah nama untuk pembeda dengan kompetitor lain.

Pentingkah? Jawabnya sangat penting.

Kebanyakan (tidak semua) dari kita jika mulai membuka usaha, apapun itu bidangnya, tidak begitu mementingkan nama. “Nanti belakangan” mungkin seperti itu anggapannya. Padahal nama adalah langkah awal untuk memulai membuka usaha. Nanti jika usaha tersebut berkembang besar barulah sang pengusaha menyadari bahwa “baru perlu nama dan logo nih?”.

Sayang sekali, padahal jika dari awal nama dan logo sudah anda buat, bayangkan sudah berapa banyak customer yang sejak awal usaha anda dirintis sudah mengenal dengan baik nama brand/logo anda.

Mengapa nama dan logo penting?
Karena anda akan memerlukan dua hal tersebut yaitu nama brand dan logo untuk dicetak di kartu nama, kop surat, stempel, brosur, menjadi icon website/blog dll untuk identitas dan perkembangan usaha anda.

Pemilihan nama

Mengenai pemilihan nama, usahakan yang unik namun tidak pasaran. Jika pasaran (umum) kelebihannya memang mudah dicerna oleh masyarakat awam namun karena nama yang anda buat umum maka bisa jadi dan bukan tidak mungkin akan banyak anda jumpai puluhan atau mungkin ratusan pengusaha seperti anda menggunakan nama yang sama.

Jika anda menjadi seorang customer anda tentu beranggapan bahwa produk dengan nama umum akan dianggap sama dengan kompetitor anda yang lain dan customer dapat mudah melenggang ke kompetitor anda karena produk atau jasa anda dianggap sama saja dengan yang ada dipasaran.

Maka saran saya adalah, buat nama yang unik sebagai image produk atau jasa anda. Jika anda berpikir nama yang unik sulit untuk diingat oleh konsumen maka itulah letak branding dan memang memerlukan proses untuk dikenal. Agar nama brand produk/jasa kita yang unik tersebut dapat dikenal maka kita diwajibkan sering berpromo mengenalkan nama brand kita terutama di media sosial.

Tak kenal maka tak sayang

Tahukah anda bahwa nama-nama besar yang kita kenal sekarang dahulunya tidak terkenal? Karena mereka sering berpromosi maka sekarang mereka sekarang menjadi terkenal. Anda jangan berputus asa membayangkan mengenalkan nama itu butuh modal yang besar. Tidak perlu demikian. Kita dapat menggunakan website, blog dan memanfaatkan media sosial dengan mencari banyak follower untuk mengenalkan brand kita.

Nama unik itu perlu proses. Tidak setahun atau dua tahun menjadi terkenal. Seperti contoh kita ambil merek kopi “A”

Kata “kopi” tidak perlu dicantumkan pada merek “A” menjadi “kopi A “ atau “A kopi”

Cukup dengan “A” maka benak anda atau benak konsumen akan teringat pada kopi.

Cek ketersediaan nama di internet

Siapkan beberapa alternatif nama. Cek ketersediaan nama usaha yang anda pilih di blog/website, email, dan berbagai media sosial, apakah nama yang kita pilih (misalnya “namausahaanda”) sudah ada yang memakai atau belum. Jika tidak ada yang memakai maka cepat ambil semua nama anda tersebut baik di email, blog, sosial media dll. Contoh:

Web
www.namausahaanda.com

Blog
http://namausahaanda.blogspot.com
http://namausahaanda.wordpress.com

Facebook
www.facebook.com/namausahaanda

Twitter
www.twitter.com/namausahaanda

Email:
namausahaanda@gmail.com dan email lain

Entah itu jarang anda gunakan atau tidak, ambil semua nama username diberbagai sosial media, blog dan alamat email tersebut, tujuannya agar tidak ada yang menduplikasi nama produk atau jasa anda atau menghindari orang atau pihak yang mengatasnamakan usaha anda, agar hanya anda yang memiliki nama tersebut (Itulah kegunaan nama yang unik, hanya anda yang mempunyai nama tersebut).

Cara posting/tweet yang dianjurkan (marketing online melalui media sosial)

Anda jangan hanya memasarkan produk anda di twitter dan facebook dengan memposting atau tweet lalu selesai.

Pertama,
Naikkan jumlah follower/like media sosial anda anda agar posting anda menjangkau banyak orang. (Untuk twitter, coba follow user di twitter dan biasanya beberapa diantara mereka akan memfollow back anda).

Kedua,
Buat nama user anda (username anda) dikenal oleh orang yang anda follow, cantumkan alamat blog atau website anda dan deskripsikan usaha anda di bio atau profil dengan singkat namun jelas, tujuannya ketika orang tersebut yang merupakan calon konsumen anda mendapat notifikasi dari media sosialnya bahwa anda mengikuti/memfollownya maka dia akan membaca atau berpikir "siapa ini yang meminta pertamanan/memfollow saya?". Cantumkan nomer kontak anda, siapa tahu selain orang tersebut mengklik halaman website atau blog anda, dia juga mungkin akan menghubungi anda untuk menanyakan seputar produk yang anda tawarkan.

Ketiga,
Arahkan koneksi anda di twitter dan facebook dll untuk menuju ke blog atau website anda. Karena posting facebook dan twitter kini terindex oleh google (dan juga media sosial bookmark seperti Digg, Stumbleupon, Pinterest & Delicious). Artinya secara sederhana adalah, tautan/link anda akan terbaca oleh google. Caranya mudah, tuliskan/cantumkan link/tautan menuju blog atau website anda diakhir postingan atau tweet.

Kini kehadiran media sosial & sosial bookmark seperti Stumbleupon, Pinterest, Digg, Delicious dll dapat mempengaruhi trafik ke web atau blog anda. Walau facebook dan twitter tidak memberikan backlink (link balik yang mengarah/menuju website atau blog anda dari alamat website atau blog yang anda cantumkan di postingan/tweet/bio), namun peranan facebook dan twitter sangat penting karena seperti disebutkan sebelumnya, twitter dan facebook juga terindex oleh google.

Buatlah akun Google+ dan Page Google+

Mengapa sangat dianjurkan membuat akun dan page di Google+? Karena tentunya Google akan memberi perhatian lebih untuk produk sosial medianya sendiri yaitu Google+. Tulisan atau posting yang kita buat akan sangat cepat terindex oleh google

Tips:

  • Khusus untuk facebook buatlah fanpage, bukan facebook biasa dan untuk google+ buatlah juga versi pagenya.
  • Berikan bio atau keterangan di halaman media sosial yang jarang anda gunakan bahwa ini adalah halaman media sosial dari produk/jasa anda, jangan lupa cantumkan info nomer kontak usaha dan link/tautan ke web atau blog anda agar terbaca oleh google.
  • Jangan membuat koneksi atau follower anda bosan dengan terus berjualan secara langsung terus menerus. Jika anda secara langsung berjualan bukan tidak mungkin mereka akan meremove/unfollow anda. Agar tidak bosan, selain berjualan langsung, sesekali buatlah kalimat nasehat, atau tips memasak atau tips yang lain namun diakhir posting/tweet masukkanlah link ke web atau blog anda. Bersyukurlah jika posting yang berisi link/tautan ke web atau blog anda diteruskan/di share/di retweet, artinya, link menuju web atau blog anda akan tersebar. Bayangkan jika yang meretweet atau share artikal anda berjumlah ratusan orang.
  • Jangan kunci akun twitter anda supaya tweet anda terbaca oleh google.
  • Jika akun facebook anda hanya bisa dilihat terbatas teman anda, setelah anda beriklan untuk teman, maka iklankan produk atau jasa anda di fanpage facebook atau ubah posting facebook mengenai produk.jasa anda di facebook menjadi publik agar posting anda juga terbaca oleh google,

Sebaiknya membuat website bukan blog.

Seperti kita ketahui, website atau blog adalah media penjabaran yang detail dari produk atau jasa yang dipromokan

Mengapa lebih baik disarankan untuk menggunakan website?
Biasanya (tapi tidak selalu}, orang akan cenderung lebih percaya pada domain dotcom dibanding dengan blog gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com dll

Saat ini banyak jasa yang menawarkan pembuatan web. Namun jika anda rasa blog gratis seperti blogspot atau wordpress sudah cukup, jangan khawatir, nantinya akhiran blogspot.com/wordpress.com dapat dihilangkan dan dapat diganti dengan domain dotcom anda sendiri.

Contoh
"namausahaanda.blogspot.com"  dapat dihilangkan "blogspot.com" nya menjadi hanya "namausahaanda.com" dengan membeli domain di pihak ketiga, atau di google/blogger (tidak dibahas pada tulisan ini)

"namausahaanda.wordpress.com" dapat dihilangkan "wordpress.com" nya menjadi hanya "namausahaanda.com" dengan membeli domain di wordpress (tidak dibahas pada tulisan ini)

dan yang terakhir adalah siapkan logo anda

bagaimana membuat logo yang baik? tips membuat logo dapat anda lihat


Semoga bermanfaat dan sukses :)














Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)