Selamat datang di budioso.blogspot.com. Semoga artikel yang ada di blog ini membawa manfaat

Makanan Camilan Cemilan Kue Sambal Cake - Awondis

Tips amankan teks pada file PDF dari copy paste



Ditulis oleh Budi S

Anda biasa mengkonversi file anda menjadi file .pdf agar isi file (khususnya teks) tidak bisa di copy paste dan di edit oleh orang lain?

Jangan salah. File yg sudah di konversi menjadi file .pdf yang secure pun teksnya masih dapat di copy paste dan di edit (teksnya dicopy dan dipaste di tempat lain). Tentu di sini tidak akan dijelaskan bagaimana cara mengakali file .pdf supaya bisa di copy paste atau edit. Yang akan saya infokan di sini adalah bagaimana cara mengamankan file .pdf tersebut yaitu, buatlah file .pdf dengan "print as image".

Caranya, setelah anda membuat file pdf pada software office anda, buka file pdf tersebut dengan software pdf reader dan print kembali file tersebut menjadi pdf baru dan pilih opsi "print as image" (print sebagai gambar)

Sayangnya hasil "print as image" file pdf tersebut sizenya lebih besar, namun teks tentunya aman dari copy paste karena huruf atau teks yang ada pada dokumen tersebut telah menyatu dengan background atau telah berubah menjadi satu kesatuan gambar.

Semoga berguna













Artikel Lainnya


    0 komentar:

    Post a Comment

    Terima kasih atas kunjungan dan atas komentarnya. Mohon untuk tidak berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif/plain teks & untuk url di name nya juga tidak mengandung kriteria diatas (jika terdapat yang demikian komentar tidak akan muncul)