Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Xiaomi Official Store

Sosial Media Mana yang Tepat untuk Sarana Promosi Penjualan atau Marketing?

Budioso.blogspot.com - Saat ini bidang penjualan / sales / marketing baik berupa produk ataupun jasa sudah memasuki era digital.

Para penyedia/pemilik produk dan jasa selain memanfaatkan layanan toko online, mereka juga memanfaatkan layanan sosial media untuk sarana promosi.

Namun sosial media manakah yang tepat untuk berpromosi?

Apakah cukup hanya menggunakan salah satu sosial media saja untuk berpromosi?

Ataukah perlu menggunakan beberapa sosial media untuk kegiatan promosi (penjualan/sales/marketing/pemasaran)?

Banyak orang atau bahkan diri kita sendiri memiliki kesukaan terhadap salah satu sosial media. Contoh mungkin Anda lebih suka ber-facebok ria dibanding menggunakan Instagram.

Di sisi lain, ada juga orang yang hanya suka menggunakan Twitter saja, dan ada juga orang yang menyukai /memiliki berbagai macam akun sosial media.

"Saya suka Instagram dan hanya menggunakan Instagram"
"Saya dari dulu cuma menggunakan Facebook, tidak pernah menggunakan sosial media yang lain"
"Saya memiliki akun facebook tapi saya lebih senang beraktifitas di media sosial Twitter" 
Begitulah kira-kira pendapat/perilaku berbeda dari masing-masing orang/calon pembeli.

Lalu bagaimana Anda sebagai pemilik produk / jasa? Sosial media mana yang baiknya digunakan untuk menjangkau mereka para calon customer Anda?

Sosial media yang tepat untuk promosi penjualan sales marketing pemasaran
Merencanakan penggunaan sosial media untuk sarana promosi / sales / marketing

Jika Anda ingin mengembangkan/melebarkan usaha/pemasaran Anda, maka sudah dapat Anda terka jawabannya.

Ya, gunakan semua (atau beberapa - lebih dari satu) sosial media sebagai sarana promosi untuk menjangkau perhatian mereka.

Mengapa demikian?

Bayangkan jika Anda hanya menggunakan salah satu sosial media misalkan Instagram, Anda tidak dapat menginformasikan produk Anda kepada pengguna Twitter dan lainnya.

Dapat diibaratkan, sosial media adalah sebuah pulau.

Misalkan Instagram adalah pulau jawa, Anda hanya bermain di pulau jawa saja sedangkan masih ada pulau yang lain.

Tiap pulau ada penghuninya dan sebarkanlah informasi produk Anda (berpromosi) pada mereka dengan cara menggunakan berbagai macam akun sosial media lainnya.

Bukankah perusahaan besar memiliki berbagai macam akun sosial media untuk menjangkau sebanyak-banyaknya perhatian konsumen?

Kelebihan menggunakan banyak akun media sosial dalam berpromosi adalah, gambar/foto produk yang Anda posting di sosial media akan memiliki kemungkinan lebih besar muncul di hasil pencarian google karena Anda memposting melalui akun sosial yang berbeda-beda.

Oh ya, khusus untuk Facebook, jika Anda ingin berpromosi, facebook menyediakan fitur khusus untuk berjualan dengan nama Halaman / Page.

Dengan Facebook Fan Page ini Anda dapat beriklan (membayar ke facebook) dan iklan Anda juga dapat muncul di sosial media Instagram.

Mengenai cara menambah follower, Anda dapat memfollow mereka dan beberapa orang dari mereka akan memfollow Anda. Maka gunakan gambar/foto profil yang menarik agar dapat menarik perhatian dari calon pembeli.

Di perusahaan besar, biasanya ada staf khusus yang ditugaskan untuk menangani media sosial untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dan pelanggannya. 

Bagi Anda yang masih menangani sosial media secara mandiri, tantangan bagi Anda adalah meluangkan waktu untuk promosi di sosial media.

Namun Anda tidak perlu cemas, di beberapa sosial media Anda dapat mengaktifkan fitur share post otomatis ke media sosial lainnya sehingga Anda dapat menghemat waktu Anda dalam melakukan kegiatan posting.

Demikian uraian singkat mengenai Sosial media yang tepat untuk promosi / penjualan / sales / marketing / pemasaran, apakah Instagram, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.

Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Sosial Media Mana yang Tepat untuk Sarana Promosi Penjualan atau Marketing?"


Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id
Halo, terima kasih ya telah berkunjung ke blog saya ini. Silahkan nanti baca juga artikel saya yang lain di blog ini. Follow sosial media saya yang linknya ada di bagian bawah blog ini. Semoga artikelnya bermanfaat, terima kasih :)
Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com





Dukung blog ini dalam membuat artikel/tulisan bermanfaat dengan donasi seikhlasnya via scan QRIS atau via Paypal di bawah ini (QRIS ini dapat menerima transfer dari berbagai bank dan berbagai dompet digital). Terima kasih



Klik untuk donasi via PayPal


OPPO Official Store Garansi Resmi